HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ISPA DENGAN KEJADIAN ISPA BALITA DI PUSKESMAS BANTARBOLANG PEMALANG

Saidan, Akhlis (2011) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ISPA DENGAN KEJADIAN ISPA BALITA DI PUSKESMAS BANTARBOLANG PEMALANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
092070009_fultext.pdf

Download (20MB)

Abstract

Latar belakang : [nfeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) sering berada pada daftar 10 penyakit terbanyak di rumah sakit, dan selalu menempati urutan pertama penyebab kematian pada kelompok bayi dan Balita, ISPA merupakan penyebabkan kermatian bayi dan Balita yang cukup tinggi yaitu kira-kira I dari 4 kematian yang terjadi. Setiap tahunnya. 40% - 60% dari kunjungan di Puskesmas adalah oleh penyakit ISPA. Pada masa ini balita masih sangat tergantung kepada ibunya, sangatlah jelas peranan ibu dalam menentukan kualitas kesejahteraan anaknya. Tujuan penelitian, untuk memperoleh tingkat hubungan antara pengetahuan tentang faktor yang mempengaruhi 1SPA dengan kejadian ISPA di Puskesmas Bantarbolang Pemalang Metode : penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 80 orang dengan teknik consecutive sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik menggunakan rumus Chi Square. Hasil ; berdasarkan hasil analisa 80 responden diperoleh pengetahuan yang kurang yaitu dengan jumlah 33 responden (41,3%). Sedangkan kejadian ISPA pada balita distribusi frekuensi terbanyak pada kategori 1SPA dengan jumlah 45 responden (56,3%). Pada taraf signifikansi 5% didapatkan p-value 0,009 (<0,05) Simpulan : terdapat hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang faktor yang mempengaruhi ISPA dengan kejadian ISPA Balita di Puskesmas Bantarbolang Pemalang. Kata kunei: Pengetahuan ibu, kejadian ISPA Daftar Pustak ·27(1999.2011)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2022 09:46
Last Modified: 08 Jul 2022 09:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24087

Actions (login required)

View Item View Item