ANALISA POTENSI BAHAYA PADA PROSES PRODUKSI PAVING DI CV BERKAH BERSAUDARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) (Studi Kasus : CV. Berkah Bersaudara)

Nugroho, Muhammad Fadhli (2022) ANALISA POTENSI BAHAYA PADA PROSES PRODUKSI PAVING DI CV BERKAH BERSAUDARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) (Studi Kasus : CV. Berkah Bersaudara). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31601400936_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)

Abstract

CV. Berkah Bersaudara yang merupakan industri yang bergerak dibidang pembuatan paving yang berada di Pati, Jawa Tengah. Kegiatan proses produksi yang berjalan di perusahaan menggunakan peralatan sederhana dan teknologi berbantuan mesin untuk menciptakan produktivitas terbaik. Kurangnya keselamatan kerja dan perilaku tidak aman perusahaan serta kondisi tidak aman menyebabkan interaksi manusia-mesin, yang menciptakan potensi bahaya. Untuk menghindari hal-hal tersebut terjadi, maka perlu dilakukan analisis terhadap potensi atau kemungkinan kecelakaan kerja selama proses produksi paving. Analisis yang tersedia untuk masalah ini adalah analisis keselamatan kerja (JSA). Job Safety Analysis (JSA) adalah alat yang dapat menganalisis potensi risiko kerja di tempat kerja.JSA dapat digunakan untuk mengurangi risiko kecelakaan kerja. Terdapat lima temuan kategori potensi bahaya yaitu yang beresiko sangat rendah sebanyak satu, beresiko rendah sebanyak limabelas, beresiko moderate sebanyak enam, beresiko tinggi sebanyak tujuh dan satu temuan beresiko ekstrim. Keseluruhan potensi resiko bahaya tersebut merupakan hasil identifikasi berdasarkan pekerjaan yang ada pada perusahaan itu yang harus ditindaklanjuti untuk dapat menghindari terjadinya kecelakaan kerja. Tahapan dari JSA adalah membagi pekerjaan menjadi unit – unit yang lebih kecil, mengidentifikasi segala potensi cidera pada tiap – tiap pekerjaan, kemudian dilakukan analisis untuk mendapatkan nilai keparahan dan nilai kemungkinan terjadinya kecelakaan, kemudia dikelompokkan pada masing – masing kategori. Usulan yang diberikan hanya untuk kategori moderate,tinggi dan ekstrem, karena dalam memberikan usulan lebih berhati – hati dan menaati seluruh kebijakan yang telah ditetapkan serta perbaikan alat bantu ataupun metode baru yang sesuai dengan peraturan dan kebijakan perusahaan. Keyword : Analisa Potensi Bahaya Pada Produksi Paving, Job Safety Analysis, CV Berkah Bersaudara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:18
Last Modified: 13 Jul 2022 01:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24070

Actions (login required)

View Item View Item