ANALISIS EFEKTIFITAS PROMOSI DALAM PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PABRIK JAMU DAN FARMASI PT.SIDO MUNCUL DI LINGKUNGAN INDUSTRI KECIL BUGANGAN SEMARANG

WIDIYANTO, TEGUH (2000) ANALISIS EFEKTIFITAS PROMOSI DALAM PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PABRIK JAMU DAN FARMASI PT.SIDO MUNCUL DI LINGKUNGAN INDUSTRI KECIL BUGANGAN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04944950_fulltext.pdf

Download (5MB)

Abstract

Persaingan produk barang konsumtif khususnya produk jamu tradisional menuntut perusahaan (PT. Sido Muncul) untuk meningkatkan aktifitas promosinya melalui bentuk - bentuk promosi yang lebih selektif Promosi bersifat selektif adalah untuk membedakan produk perusahaan dari produk pesaing sehingga menghindari persaingan yang berhadapan langsung akan tetapi menuntut anggaran promosi yang optimal. Perusahaan perlu mengalokasikan anggaran promosi secara tepat dalam unsur - unsur promotional mix ( iklan, personal selling, publisitas dan promosi peojualan ) untuk mendapatkan strategi promosi terbaik guna mencapai volume penjualan secara efektif. Berdasarkan hal diatas maka hipotesis yang diajukan adalah Ada Pengaruh Kegiatan Promosi Penjualan Terhadap Volume Penjualan, Pengaruh Kegiatan Periklanan terhadap Volume Penjualan, kegiatan promosi penjualan dan periklanan secara bersama - sama dao Promosi yang dilakukan efektif dalam Peniogkatan Volume Penjualan Jamu Kuku Bima pada PT. Sido Muncul Semarang. Tipe penelitian deskriptif. Analisis datanya menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan metode statistika melalui uji analisis regresi berganda, uji korelasi berganda dan uji analisis efektifitas. Dari basil penelitian diketahui bahwa dari hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh kegiatan promosi dan kegiatan promosi yang dilakukan efektif dalam meningkatkan volume penjualan. Berarti peningkatan volume penjualan jamu Kuku Bima pada PT. Sido Muncul dipengaruhi atau dapat dijelaskan melalui variasi variabel dalam promotional mix. Dari hasil analisis uji regresi berganda antara volume penjualan ( Y )) dengan biaya promosi penjualan ( X ) dan biaya periklanan ( X ) secara terpisah dapat diterangkan bahwa jika perusahaan tidak mengeluarkan biaya promosi penjualan dan periklanan maka volume penjualan rata - rata selama 7 tahun terakhir sebesar Rp.494.661.754,07. Setiap penambahan biaya promosi sebesar Rp 1,- akan menaikkan. volume penjualan sebesar Rp 4.4507 dan setiap penambahan biaya periklanan sebesar Rpl,- akan menaikkan volume penjualan sebesar Rp. 16.3215. Dari perhitungan yang menggunakan korelasi berganda diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 0,9935. Dengan demikian terdapat pengaruh biaya unsur - unsur dalam promotional mix secara bersama - sama sebesar 98, 71 % terhadap volume penjualan Jamu Kuku Bima. Sedangkan sisanya ditentukan variabel lain yang perlu diteliti lebih lanjut. Hasil analisis efektifitas promosi untuk mengetahui efektif tidaknya biaya promosi penjualao dan periklanao diperoleh tingkat efektif promosi yang dilakukan mempunyai kecenderungan menurun tetapi masih dalam keadaan efektif. Hasil uji t secara terpisah untuk promosi penjualan terdapat pengaruh positif antara biaya promosi penjualan dengan volume penjualan, sedangkan untuk biaya periklanan juga terdapat peogaruh positif antara biaya periklanan dengan volume penjualan. Hasil uji F untuk promosi penjualan dan periklanan secara bersama - sama mempunyai pengaruh positif terhadap volume penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2022 07:45
Last Modified: 07 Jul 2022 07:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24065

Actions (login required)

View Item View Item