ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN, LINGKUNGAN KERJA, DISIPLIN KERJA TERHADAP TINGKAT PRODUKTIFITAS TENAGA KERJA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM ILMI SAFIRA AMALIA MRANGGEN

Zanuardi, Andi (2005) ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN, LINGKUNGAN KERJA, DISIPLIN KERJA TERHADAP TINGKAT PRODUKTIFITAS TENAGA KERJA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM ILMI SAFIRA AMALIA MRANGGEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
042017491_fulltext.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bersifat Deskriptif analistis artinya penelitian terbatas pada usaha pengungkapan masalah dengan keadaan sebagaimana adanya sehingga berupa penganalisissan dan pengungkapan fakta serta menganalisanya. Lokasi penelitian adalah koperasi simpan pinjam IImi Safira Amalia Mranggen. Adapun populasi tang akan digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan koperasi simpan pinjam Ilmi Safira Amalia Mranggen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah riset lapangan dengan pemberian kuesioner, observasi, wawancara, data perusahaan dan dokumentasi perusahaan serta studi pustaka sedangkan metode basis data menggunakan analisis regresif berganda Berdasarkan penelitian yang telah penulis sebarkan epada responden dan sesuai analisa data dan pembahasan pada bab sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: a. Variabel pendidikan secara parsial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja, dengan nilai t hitung = 8,397 > t tabel (2,014), dengan signifikansi pengujian sebesar 0,000 < 0,05, berarti tahap pertama menyatakan diterima. b. Variabel lingkungan kerja secara parsial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja, dengan nilai t hitung = 7,330 t tabel (2,014), dengan signifikansi pengujian sebesar 0,000 > 0,0, berarti tahap kedua menyatakan diterima. < c. Variabel disiplin kerja secara parsial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja, dengan nilai t hitung = 3,716 > t tabel (2,014), dengan signifikansi pengujian sebesar 0,001 < 0,05, bcrarti tahap ketiga menyatakan diterima. d. Secara simultan variabel pendidikan (X»), lingkungan kerja () dan disiplin kerja (Xa) mempunyai pengaruh yang positif dan sigifikan terhadap produktivitas dengan nilai uji f= 46,839 > f tabel 2,81 dan dengan signifikansi pengujian sebesar 0,000 < 0,05 berarti tahap keempat manyatakan diterima. Hasil pendugaan parameter untuk pendidikan untuk (X;)t~rhadap produktivitas kerja (Y) diperoleh koevisien regresi sebesar 0,517, koevisien uji T sebesar 7,330 pada tingkat signifikansi <0,01%. Hasil pendugaan paremeter untk lingkungan kerja (X) terhadap produktivitas kerja (Y) diperoleh koevisien regresi sebesar 0,523, koevisien nji T sebesar 8,397, nyata pada teingkat signifikansi 0.00% Hasil pendugaan paramater untuk disiplin kerja (X,) terhadap produktivitas kerja (Y) diperoleh koevisien regresi sebesar 0,227 dengan koevisien uji T sebesar 3,716, pada taraf signifikansi 0,01. Berdsasarkan angka diatas menunjukan variabel disiplin mampu menjelaskan tingkat produktivitas kerja kaeyawan nyata pada taraf a sehcsar 0,01 % sedangkan tanda parameter positif menunjukan apabila disiplin kerja lcbih ditingkatkan maka semangat produktivitas kerja akan meningkat. Fenomena diatas . memberikan indikasi bahwa disiplin kerja akan meningkatkan produktivitas kerja, hal ini dimungkinkan bahwa peranan disiplin kerja .akan bisa diterapkan disuatu.organisasi agar karyawan selalu mentaati peraturan yang berada diorganisasi.berdasarkan angka-angka diatas diperoleh bahwa variabel pendidikan (Xi), lingkungan kerja (X), disiplin kerja (X) terjasi peningkatan produktivitas kerja (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2022 07:39
Last Modified: 07 Jul 2022 07:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24060

Actions (login required)

View Item View Item