STUDI DESKRIPTIF TINGKAT PENGETAHUAN PASANGAN USIA SUBUR TENTANG KONTRASEPSI METODE OPERATIF PRIA (MOP) DI KELURAHAN REJOMUL YO KOTA SEMARANG TAHUN 2011

WIDYATUN, DIAH (2011) STUDI DESKRIPTIF TINGKAT PENGETAHUAN PASANGAN USIA SUBUR TENTANG KONTRASEPSI METODE OPERATIF PRIA (MOP) DI KELURAHAN REJOMUL YO KOTA SEMARANG TAHUN 2011. Diploma thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
993305295_fulltext.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pertambahan jumlah penduduk merupakan masalah di suatu Negara apabila tidak disertai peningkatan kualitas hidupnya. Indonesia mendapat peringkat ke-4 dunia (230 juta jiwa) dihadapkan pada masalah kependudukan yang berimplikasi luas. Progam Keluarga Berencana (KBN) bertujuan mewujudkan keluarga kecil bahagia melalui pengendalian kelahiran dan pertumbuhan penduduk. KB tidak hanya untuk wanita, vasektomi bisa digunakan pada pria, penggunaannya masih rendah dalam 12 tahun terakhir hanya 0,2%. Bahkan di wilayah kelurahan Rejomulyo hanya 2 orang yang menggunakan Metode Operatif Pria (MOP). Yang menyebabkan MOP kurang diminati adalah pria takut akan terganggu kehidupan seksnya, masih berfikir sama dengan kebiri dan tersedianya kontrasepsi baru lain, minat petugas KB yang kurang dan angka perceraian yang meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Tingkat Pengetahuan Pasangan Usia Subur Tentang Metode Operatif Pria (MOP) di kelurahan Rejomulyo Kota Semarang tahun 2011. Ruang Lingkup penelitian ini tempat pelaksanakan di kelurahan rejomulyo kota semarang pada bulan Desember 201 O sampai Juli 2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional pengambilan sampel yang menggunakan Systematic Sampling, dengan jumlah 86 sampel responden Pasangan Usia Subur. Instrument yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian yang diperoleh ialah sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan cukup, yaitu tentang kontrasepsi MOP, dengan hasil prosentase 55,81%. Hasil penelitian tersebut disarankan kepada puskesmas agar meningkatkan penyuluhan tentang KB terutama MOP untuk meningkatkan cakupan MOP yang efektif, aman dan murah. Kata Kunci: Pasangan Usia Subur, Penelitian deskriptif, MOP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2022 06:36
Last Modified: 07 Jul 2022 06:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24022

Actions (login required)

View Item View Item