RANCANG BANGUN MONITORING LIGHTNING COUNTER BERBASIS APLIKASI ANDROID (STUDI KASUS DI TOWER BTS INDOSAT OOREDOO SITE JEPARA UTARA 14JPA010)

Ardiyanto, Deki Renjaka (2021) RANCANG BANGUN MONITORING LIGHTNING COUNTER BERBASIS APLIKASI ANDROID (STUDI KASUS DI TOWER BTS INDOSAT OOREDOO SITE JEPARA UTARA 14JPA010). Undergraduate thesis, Universitas Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
30601401609_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kebutuhan akan informasi melalui system monitoring pada perangkat tower BTS sangat diperlukan, tidak terkecuali monitoring proteksi sambaran petir. Hal ini agar dapat mengetahui sejak dini adanya sambaran petir pada head protector grounding system.Hal ini tentunya hanya untuk memberikan tambahan informasi selain data dari laporan BMKG dan informasi visual yang diperoleh dari warga masyarakat di sekitar Tower BTS yang terdampak dari sambaran serta analisa data dari kasus tetang klaim asusansi penggantian kerusakan dari adanyasambaran petir disekitar Tower BTS. Instalasi penangkal petir tanpa dilengkapi alat monitoring maka akan sulit untuk mengetahui efektifitas dari instalasi penangkal petir pada BTS tersebut. Untuk mengetahui ada tidaknya sambaran pada BTS biasanya teknisi harus datang ke lokasi BTS untuk melihat dampak dari sambaran berupa rusaknya arester, atau kerusakan lainnya bahkan mencari keterangan informasi dari warga sekitar lokasi BTS. Letak lokasi BTS yang jauh dari kantor pusat tentunya hal ini tidaklah efektif. Penelitian yang disusun kali ini merupakan pengembangan dari system lighting counter yang dirancang sebelumnya oleh Nawir et al., 2018 yang menggunakan SMS Gateway sebagai informasi dari adanya arus petir dari jarak jauh. Dengan menggunakan Arduino nano, Modul SIM900, dan sensor arus PZEM-004T. Sedangkan pada penelitian kali ini menggunakan Arduino Uno, Ethernet shiled, sensor arus PZEM-004T, serta smart phone Android sebagai interface user. Informasi yang ditampikan pada smart phone android adalah lokasi letak tower BTS, waktu dan besaran arus sambaran. Alat monitoring lighting protection berbasis operasi android menggunakan module PZEM-004T adalah sebuah system yang dirancang dan dimanfaatkan untuk membaca adanya sambaran petir yang meliputi adanya arus yang mengalir pada grounding system tower BTS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat monitoring lighting protection menggunakan modul PZEM-004T dapat mengukur dan menampilkan nilai arus dan kapan terjadinya adanya sambaran, secara real time serta tersimpan pada basis data. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa hasil perancangan alat monitoring lighting protection memiliki angka simpangan (error) sebesar 9,64% dan arus 12,5%. Kata kunci: Arduino uno, Ethernet shiled, Android, Tower BTS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:13
Last Modified: 11 Jul 2022 02:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24010

Actions (login required)

View Item View Item