PENGARUH PEMBERIAN SPRAY GEL DAUN PEGAGAN (Centella Asiatica) 25% TERHADAP EKSPRESI VASCULAR ENDOTHELIAL GROWTH FACTOR (VEGF) PADA PENYEMBUHAN MUKOSITIS ORAL

Adnyn, Millienanda Chiara (2021) PENGARUH PEMBERIAN SPRAY GEL DAUN PEGAGAN (Centella Asiatica) 25% TERHADAP EKSPRESI VASCULAR ENDOTHELIAL GROWTH FACTOR (VEGF) PADA PENYEMBUHAN MUKOSITIS ORAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31101700050_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)

Abstract

Mukositis oral adalah suatu inflamasi pada mukosa oral dari radikal bebas akibat kemoradiasi sebagai pengobatan kanker yang menyebabkan kerusakan epitel mukosa sehingga terbentuk pseudomembran dan ulkus. Salah satu alternatif herbal untuk pengobatan mukositis oral adalah dengan menggunakan daun pegagan (Centella asiatica). Pegagan merupakan suatu tanaman obat yang memiliki beberapa kandungan seperti asiaticoside, madecasoside, dan asiatic acid yang dapat menstimulasi angiogenesis pada penyembuhan luka dengan meningkatkan ekspresi vascular endothelial growth factor (VEGF). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian spray gel daun pegagan (Centella asiatica) 25% dalam ekspresi VEGF pada penyembuhan mukositis oral tikus yang diinduksi obat 5- fluorouracil. Jenis penelitian ini adalah experimental in vivo dengan rancangan post-test only control group design, terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok kontrol positif menggunakan Gengigel® Hyaluronic acid spray, kelompok spray gel ekstrak daun pegagan (Centella asiatica) 25%. Analisis statistik pada penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukan ekspresi VEGF kelompok perlakuan spray gel ekstrak daun pegagan (Centella asiatica) 25% memiliki perbedaan signifikan dengan kelompok kontrol Gengigel® Hyaluronic acid spray. Hasil uji Mann-Whitney didapatkan nilai signifikan, dengan p = 0,001 (P<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pemberian spray gel ekstrak daun pegagan (Centella asiatica) 25% pada penyembuhan mukositis oral tikus yang diinduksi obat 5-Fluorouracil, dimana ekspresi VEGF pada kelompok spray gel ekstrak daun pegagan (Centella asiatica) 25% lebih tinggi dibandingkan ekspresi VEGF pada kelompok Gengigel® Hyaluronic acid spray. Kata Kunci: asiaticoside, Centella asiatica, daun pegagan, Gengigel®, Hyaluronic acid, madecasoside, mukositis oral, VEGF.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:48
Last Modified: 07 Jul 2022 03:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23991

Actions (login required)

View Item View Item