PENGARUH EKSTRAK DAUN BINAHONG (Anredera cordifolia (Ten) Steenis) TERHADAP EKSPRESI TUMOR NECROSIS FACTOR-α (TNF-α) PADA ULKUS MULUT (Penelitian In Vivo)

Ningrum, Indah Setia (2021) PENGARUH EKSTRAK DAUN BINAHONG (Anredera cordifolia (Ten) Steenis) TERHADAP EKSPRESI TUMOR NECROSIS FACTOR-α (TNF-α) PADA ULKUS MULUT (Penelitian In Vivo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31101700042_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)

Abstract

Ulkus mulut dapat dialami berbagai jenis kalangan tanpa memandang usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan lokasi tempat tinggal. Rasa tidak nyaman dan sakit yang diakibatkan ulkus dapat diatasi dengan obat antiinflamasi. Gel ekstrak daun binahong memiliki kandungan flavonoid dan saponin yang berperan sebagai antiinflamasi sehingga dapat menyeimbangkan ekspresi TNF-α sebagai agen proinflamasi yang kemudian fase inflamasi dapat cepat terlewati. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis ekstrak daun binahong (Anredera cordifolia) 40% terhadap ekspresi Tumor Necrosis Factor-α (TNF-α) pada penyembuhan ulkus mulut. Jenis penelitian ini adalah true exsperimental laboratories post test only, terdiri dari 6 kelompok yaitu gel ekstrak daun binahong 40%, gel CMC-Na dan gel hyaluronic acid pada hari ke-3 dan hari ke-5. Sampel penelitian menggunakan blok parafin. Penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan Shapiro Wilk dengan hasil data normal dan uji homogenitas dengan uji Levene Statistic dengan hasil data homogen dengan nilai p = 0,179 (p>0,05). Data penelitian dianalisis menggunakan uji One Way ANOVA dengan hasil ekspresi TNF-α menunjukkan perbedaan yang signifikan, dengan nilai p = 0,000 (p<0,05). Pada uji antar kelompok dengan post hoc Least Significant Difference., diketahui terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok gel ekstrak daun binahong 40% dan kelompok gel hyaluronic acid hari ke-5 p=0,048 (p<0,05) dan terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara kelompok gel ekstrak daun binahong 40% hari ke-5 dan kelompok gel CMC-Na hari ke-5 p=0,401 (p>0,05). Hasil analisis data menunjukkan pemberian gel ekstrak daun binhong mampu menurunkan ekspresi TNF-α, dengan rata-rata pada kelompok gel CMC-Na lebih tinggi (41,65) dibandingkan kelompok gel ekstrak daun binahong 40% (36,96). Kesimpulan dari penelitian ini adalah gel ekstrak daun binahong memiliki efek antiinflamasi dan mempercepat penyembuhan ulkus mulut. Kata Kunci : Gel ekstrak daun binahong, TNF-α, Proses Inflamasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:47
Last Modified: 07 Jul 2022 03:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23989

Actions (login required)

View Item View Item