STUDI DESKRIPTIF TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TRIMESTER I TENTANG KEBUTUHAN GIZI PADA KEHAMILAN DI DESA GEMULAK KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK

SANTIKA, VINA VAULINA (2011) STUDI DESKRIPTIF TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TRIMESTER I TENTANG KEBUTUHAN GIZI PADA KEHAMILAN DI DESA GEMULAK KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK. Diploma thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
993305357_fulltext.pdf

Download (6MB)

Abstract

Gizi merupakan salah satu faktor penting yang menentukan tingkat kesehatan dan kesejahteraan manusia. Seorang ibu hamil perlu mengatur pola makan dan merencanakan menu gizi seimbang. Tidak semua zat gizi dibutuhkan dalam jumlah yang sama. Ada yang dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit dan ada juga yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Dalam pengaturan menu harian harus senantiasa sesuai dengan kebutuhan tubuh, agar ibu hamil dan janin tercukupi kebutuhan zat gizinya. Masalah gizi dalam kehamilan yang dihadapi masyarakat Indonesia disebabkan oleh pengetahuan ibu hamil terhadap gizi yang kurang. Selain itu juga karena ketidakmampuan keluarga dalam menyediakan makanan bergizi dan berkurangnya kesadaran pada ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Tujuan penelitian dalam hal ini adalah terdiri dari tujuan umum yaitu untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil tentang kebutuhan gizi trimester I dan tujuan khusus yang terdiri dari karakteristik responden berdasarkan umur, pendidikan, pekerjaan dan paritas. Ruang lingkup tempat dan waktu penelitian ini dilakukan di Desa Gemulak Kecamatan Sayung Kabupaten Demak dan dilakukan dari bulan Desember 2010-juli 2011. Dalam penelitian ini metode pendekatan yang digunakan ialah dengan croos sectional. Dimana hasil penelitian didapatkan bahwa mayoritas responden berumur 20-35 tahun dengan pendidikan terakhir SMP dinyatakan dalam kategori tingkat pengetahuan cukup. Dengan pengetahuan yang cukup diharapkan responden bisa meningkatkan pengetahun untuk mencari informasi dari berbagai sumber. Begitu juga dengan Desa yang bersangkutan agar dapat lebih memberikan pendidikan kesehatan kepada ibu hamil trimester I tentang kebutuhan gizi pada kehamilan. Kata kunci :Tingkat Pengetahuan, lbu hamil Trimester I (TM I), Kebutuhan Gizi Pada Kehamilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:32
Last Modified: 06 Jul 2022 04:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23906

Actions (login required)

View Item View Item