PENGARUH SMART SAJADAH TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA BALITA USIA 36-48 BULAN DI DESA JOGOLOYO KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK

Illyunida, Zukha (2021) PENGARUH SMART SAJADAH TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA BALITA USIA 36-48 BULAN DI DESA JOGOLOYO KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
32102000022_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Media smart sajadah, dengan menggunakan metode ini yaitu untuk lebih menekankan pada konsep dan dijelaskan melalui aplikasi langsung. Perkembangan bahasa adalah kemampuan anak untuk memberikan respon terhadap suara, mengikuti perintah dan berbicara sopan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh smart sajadah terhadap perkembangan bahasa salat dan bacaan do’a-do’a pendek pada balita di Desa Jogoloyo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan eksperimen semu (quasi experiment) yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pada balita sehat sebanyak 50 anak di Desa Jogoloyo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 sampel. Hasil penelitian ini yaitu uji Korelasi Spearman dengan hasil ¬p-value 0,015 (p<0,05) berarti bahwa terdapat korelasi yang bermakna antara dua variabel yang diuji yang searah. Berdasarkan nilai RR (IK 95%) yaitu 0,183 (-0,466 – 1,950) memiliki makna bahwa penggunaan smart sajadah untuk perkembangan bahasa pada balita memiliki pengaruh yang sangat lemah. Oleh karena itu, terdapat pengaruh smart sajadah terhadap perkembangan bahasa pada balita usia 36-48 bulan (p value < 0,05). Kata Kunci : Smart sajadah, perkembangan bahasa, anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:22
Last Modified: 07 Jul 2022 03:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23901

Actions (login required)

View Item View Item