ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA PT. ANUGRAH JAYA UTAMA TAHUN 2001- 2004 (Studi Kasus Pada PT. Anugrah Jaya Utama Salatiga)

Riyanti, Budi (2005) ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA PT. ANUGRAH JAYA UTAMA TAHUN 2001- 2004 (Studi Kasus Pada PT. Anugrah Jaya Utama Salatiga). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
142041965E_fulltext.pdf

Download (24MB)

Abstract

Keberadaan modal kerja sangat penting bagi setiap perusahan dalam menjalankan usahanya. Modal kerja tersebut diperlukan untuk membelanjai kegiatan perusahaan sehari-hai misalnya untuk membeli bahan baku dan bahan penolong, membayar upah buruh, membayar gaji pegawai, dan lain-lain. Tingkat perputaran modal kerja yang lebih tinggi menunjukkan penggunaan modal kerja yang lebih efisien. Hal ini disebabkan jumlah modal kerja yang digunakan untuk memproduksi suatu output lebih kecil dari pada aliran modal kerja berjalan secara lambat.Perusahaan yang menggunakan modal kerja relatif efisien akan memperoleh laba operasi yang relatif tinggi, sedangkan perusahaan yang menggunakan modal kerjanya relatif kurang efisien akan memperoleh laba operasi yang relatif lebih rendah. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, penulis tertarik untuk menganalisis efisiensi penggunaan modal kerja pada PT Anugrah Jaya Utama Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis deskriptif kuantitatif dan alat analisis yang igunakan adalah metode analisis horisontal (mengadakan perbandingan laporan keuangan untuk beberapa periode), Analisis ini akan didukung dengan berbagai analisa rasio, vaitu rasio return on working capital, cash rasio perputaran modal kerja dan elemen-elemneanya, current ratio dan operating cycle Hasil perhitungan analisis pada tahun 2001 2004, penggunaan modal kerja pada PT. Anugrah Jaya Utama sudah efisien meskipun belum stabil jika dilihat dari tahun ke tahun. ratio, tahun 2002 dan 2004 sedikit kurang efisien walaupun apabila dibandingkan dengan rata-rata sector industri yang sejenis masih lbih efisien. Hal tersebut dikarenakan pada tahun 2002 banyak dana yang menganggur yang belum dimaafaatk.an oleh perusahaan, sedangkan pada tahun 2004 karena awal investasi sehingga belum dapat dinikmati hasilnya.Dari has if penelitian tersebut disarankan perusahaan dapat menerapkan kembali prii pengefisiensian pada modal kerjanya tanda mengganggu operasional perusahan Semakin efisien maka semakin kecil current rationya. Tetapi apabila perusahaan ingin menaikkan current rationya tanpa mengganggu efisiensi modal kerjanya adalah dengan cara mengurangi hutang lancar yang lebih besar dari pada aktiva lancarnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:40
Last Modified: 06 Jul 2022 03:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23889

Actions (login required)

View Item View Item