SITOTOKSISITAS EKSTRAK n-HEXSANE DAUN KEMANGI (Ocimum Sanctum Linn.) PADA SEL HeLa(Studi Eksperimental Invitro pada Kultur Sel HeLa Kanker Serviks)

Amrullah, Fahmy (2021) SITOTOKSISITAS EKSTRAK n-HEXSANE DAUN KEMANGI (Ocimum Sanctum Linn.) PADA SEL HeLa(Studi Eksperimental Invitro pada Kultur Sel HeLa Kanker Serviks). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101607644_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Kanker serviks merupakan penyebab kematian wanita terbanyak terutama di negara berkembang. Dikarenakan kemampuan sel kanker yang dapat menyerang sel jaringan biologis lainnya serta pertumbuhan yang bersifat cepat. Daun kemangi (Ocimum santum Linn.) merupakan bahan alam yang dilaporkan sebagai agen pemicu apoptosis dan antiproliferatif terhadap sel kanker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sitotoksisitas senyawa non polar daun kemangi. Penelitian ini menggunakan post test only control grup design. Daun kemangi di ekstrak menggunakan pelarut n-Hexsane dengan dosis 1000 µg, 500 µg, 250 µg, 125 µg, 62,5 µg. sel Hela di inkubasi dengan dosis ekstrak n-Hexsane daun kemangi dengan kerapatan tiap well 1x104. Selanjutnya data dianalisis dengan analisa probit untuk mencari nilai IC50 dan uji sitotoksisitas di ukur dengan menggunakan MTT assay. Absorbansi sel diukur dengan menggunakan ELISA reader. Hasil penelitian ini menunjukan sel hidup tertinggi pada dosis 62,5 µg/mL memiliki rerata absorbansi dan kematian tertinggi pada dosis 500 µg/mL dengan rerata 83,83. Nilai IC50 pada ekstrak n-Hexane daun kemangi (Ocimum sanctum Linn.) pada sel hela sebesar 123,931 µg/mL. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan ekstrak n-Hexane daun kemangi menunjukan potensi sitotoksik sedang atau moderate terhadap sel HeLa. Kata kunci : Sel Hela, Sitotoksisitas, Absorbansi, Daun Kemangi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:39
Last Modified: 02 Apr 2024 07:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23875

Actions (login required)

View Item View Item