ANALISIS PENGARUH HARGA, KEMASAN DAN CITA RASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK KRETEK JANUR KUNING DI KUDUS

WAHYUDI, M. RIDHO (2005) ANALISIS PENGARUH HARGA, KEMASAN DAN CITA RASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK KRETEK JANUR KUNING DI KUDUS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
042007230_fulltext.pdf

Download (7MB)

Abstract

Perilaku konsumen memiliki kepentingan khusus bagi orang yang berhasrat mempengaruhi / mengubah perilaku tersebut, terutama yang kepentingan utamanya adalah pemasaran. Memahami perilaku konsumen sangat penting artinya bagi pemasaran suatu produk. Apabila pihak produsen tidak mengetahui apa yang menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian, maka produsen akan kesulitan dalam memasarkan produknya. Faktor tersebut adalah harga, kemasan dan cita rasa. Tujuan penelitian yang diharapkan dapat dicapai dari penulisan skripsi ini adalah : I) Untuk mengetahui pengaruh harga lerhadap keputusan pembelian rokok Janur Kuning. 2) Untuk mengetahui pengaruh kemasan terhadap keputusan pembelian rokok Janur Kuning. 3) Untuk mengetahui pengaruh rasa terhadap keputusan pembelian rokok Janur Kuning. 4) Untuk mengetahui pengaruh harga, kemasan, dan rasa secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian rokok Janur Kuning. Sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pembeli rokok Janur Kuning di desa Dawe Kudus yang diambil secara Accidental sampling yang berjumlah 100 responden. Metode kuesioner digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui tanggapan responden terhadap harga, kemasan dan cita rasa serta tanggapan terhadap keputusan pembelian rokok Janur Kuning. Hasil dari penelitian ini adalah : I) Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian adalah signifikan, hal ini buktikan dengan nilai -t hitung = -5,243 < nilai -t tabel = -1,985 atau signifikan a lebih kecil dari 5 % (0,000). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis diterima. 2) Pengaruh kemasan terhadap keputusan pembelian adalah sinifikan, hal ini buktikan dengan nilai t hitung 2,397 > nilai t tabel = 1,9850 atau signifikan a lebih kecil dari 5 % (0,018). Dengan demikian Ho ditolak dan I la diterima, sehingga hipotesis diterima. 3) Pengaruh rasa terhadap keputusan pcmbclian adalah signifikan, hal ini buktikan dengan nilai t hitung = 2,522 > nilai t tabel= 1,9850 atau signifikan a. lebih kecil dari 5 % {0,013). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis diterima. 4) Pengaruh harga, kemasan, dan rasa terhadap keputusan pembelian secara bersama­ sama adalah signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 79,560 lebih besar dari pada F tabel sebesar 2,68 atau signifikan a lebih kecil dari 5 % (0,00). Dengan demikian llo ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis diterima. 5) Koefisien determinasi ditunjukkan oleh nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 0,704 yang menunjukkan bahwa antara harga (X), kemasan (X) dan rasa (X) secara bersama-sama mempunyai sumbangan variasi terhadap keputusan pembelian (Y) rokok kretek Janur Kuning sebesar 70,40 %, sedangkan sisanya 29,60 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2022 00:57
Last Modified: 06 Jul 2022 00:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23868

Actions (login required)

View Item View Item