ANALISIS TINGKAT KEPENTINGAN DAN KEPUASAN KONSUMEN LEM BA GA KURSUS BAHASA INGGRIS (STUDI KASUS PADA LEMBAGA BAHASA LIA PIERRE TENDEAN SEMARANG)

SURYO PRIYO PUTRO K., SURYO PRIYO PUTRO K. (2005) ANALISIS TINGKAT KEPENTINGAN DAN KEPUASAN KONSUMEN LEM BA GA KURSUS BAHASA INGGRIS (STUDI KASUS PADA LEMBAGA BAHASA LIA PIERRE TENDEAN SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
042007282_fulltext.pdf

Download (8MB)

Abstract

Dalam perkembangan era globalisasi sekarang ini, harus diakui bahwa penguasaan bahasa asing merupakan salah satu keahlian penting yang harus dimiliki seseorang agar mampu menguasai ilmu dan teknologi negara-negara maju. Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing atau bahasa internasional yang digunakan oleh sebagian besar negara-negara maju di dunia, oleh karena itu dapat dikatakan bahwa keahlian menguasai Bahasa lnggris merupakan sebuah syarat masuk bagi setiap orang yang ingin mencapai kesuksesan dalam rangka persaingan global. Adapun pembatasan masalahnya adalah sebagai berikut: a) Bagaimana penilaian konsumen/siswa terhadap kinerja petugas/karyawan pada lembaga kursus Bahasa Inggris (LB) LIA Pierre Tendean Semarang?, b) Bagaimana harapan konsumen/siswa pad lembaga kursus Bahasa lnggris (LB) LIA Pierre Tendean Semarang ? Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor atau variabel-variabel yang dapat mempengaruhi kinerja dan harapan konsumen atau siswa pada (LB) LIA Pierre Tendean Semarang, akan tetapi tidak mungkin semuanya dapat dianalisa dalam penelitian ini. Sehingga penelitian ini perlu dibatasi agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Peneliti membatasi penelitian ini pada : faktor-faktor atau variabel-variabel yang ianggap relevan dengan kinerja dan harapan konsumen pada perusahaan itu (LB LIA Pierre Tendean Semarang) yaitu : Reliability, Responsiveness. Assurance, Empathy, dan Tangibles. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penilaian konsumen/siswa terhadap kinerja petugas/karyawan pada lembaga kursus Bahasa lnggris (LB) I J J\ Pierre Tendean Semarang, 2) Untuk mengetahui harapan konsumen/siswa pada lembaga kursus Bahasa lnggris (LB) LIA Pierre Tendean Semarang. Jenis penelitian ini adalah research deskriptif sesuai dengan tujuannya untuk menguraikan/menggambarkan sifat dari suatu keadaan. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa pengguna kursus Bahasa Inggris LB LIA Tendean Semarang. sedangkan sampel yang diambil adalah 100 siswa pada LB LIA Tendean Semarang, teknik yang digunakan adalah random sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak, artinya bahwa semua anggota populasi tersebut mempunyai kescmpatan yang sama untuk menjadi responden. Dan 50 responden pada karyawan L.B LIA Tendean Semarang dengan menggunakan saturation sampling. Metode analisis data menggunakan skala pengukuran likert, yaitu skala 5 tingkat terdiri dari sangat penting, penting, cukup penting, kurang penting dan tidak penting. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan diagram kartesius. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut: l .. Responden yang menjadi siswa pada Lembaga Bahasa LIA Pierre Tendean adalah mereka yang berusia antara 15 - 26 tahun, responden dengan jenis kelamin pria, responden dengan tingkat pendidikan adalah SMU responden adalah mereka yang berprofesi sebagai pelajar/mahasiswa dan responden memiliki penghasilan/uang saku > 350.000 setiap bulannya. Variabel reliability harapan berada pada kategori sangat penting dengan skor I8 25 sebanyak 68% respondcn, scdangkan kinerja cukup baik dcngan skor antara 15 18 sebanyak 62%. Variabel reliability dengan total nilai rata-rata kinerja ( IIVV)) 3,70 dan total nilai rata-rata harapan ( ))'' ) scbesar 4.48 berada di kuadran I (prioritas utama). 3. V ariabel responsive harapan berada pada kategori sangat penting dengan skor 13 - I5 sebanyak 66% responden, sedangkan kinerja cukup baik dengan skor antara 9 - 1 HH sebanyak 56%. Variabel responsive dengan total nilai rata-rata kinerja (X )) 3,70 dan total ni1ai rata-rata harapan (Y )) sebesar 4,43 berada di kuadran 111 (prioritas rendah) 4. Variabel assurance harapan berada pada kategori sangat penting dengan skor 22 - 25 sebanyak 66% responden, sedangkan kinerja cukup baik dengan skor antara I5 18 scbanyak 59%. Variabel assurance dcngan total nilai rata-rata kinerja(') 3, 74 dan total nilai rata-rata harapan ( '')) sebesar 4,47 berada di kuadran I (prioritas utama) 5. Variabel empathy harapan berada pada kategori sangat penting dengan skor 15 - --1177 sebanyak 58% responden, sedangkan kinerja baik dengan skor antara 15 - 17 sebanyak 52%. Variabel empathy dengan total nilai rata-rata kinerja ( ) 3,76 dan total nilai rata-rata harapan ( Y ) sebesar 4,38 berada di kuadran Ill (prioritas rendah) 6. Variabel tangible harapan berada pada kategori sangat penting dengan skor 12-- 17 sebanyak 58% responden, sedangkan kinerja baik dengan skor antara 15-17 sebanyak 528%. Variabel tangible dengan total nilai rata-rata kinerja ( )) 4,02 dan total nilai rata-rata harapan (Y) sebesar 4,45 berada di kuadran II (prioritas prestasi) 7. Faktor-faktor yang menjadi prioritas utama (Kuadran I) dan harus segera dilaksanakan sesuai dengan harapan siswa adalah : Kemampuan karyawan LB LIA Pierre Tendean Semarang (I) Pelayanan yang diberikan oleh LB LIA Pierre Tendean Semarang tepat waktu (2) Teacher / guru pengajar selalu tepat waktu dalam mengajar, sesuai dengan jadwal (5) Karyawan LB LIA Tendean Semarang memberikan pelayanan yang cepat (6) Jajaran staf karyawan dan guru pengajar memberikan pelayanan yang ramah, (II) LB Lia Pierre Tendean Semarang memahami kebutuhan dan harapan dari siswa ( 15) Fasilitas fisik dan sarana penunjang yang disediakan (21) 8. Faktor-faktor yang berada diantara Kuadran II merupakan faktor-faktor yang perlu dipertahankan, karena sudah sesuai dengan harapan siswa. Faktor-faktor ini antara lain: Kemampuan teacher / guru pengajar dapat diandalkan (4) LB LIA Pierre Tendean Semarang dapat memberikan rasa optimis bagi para siswa (2) Konsumen (siswa) tidak menemui kesulitan saat mcnghubungi LB LIA Pierre Tendean Semarang (16) Staf / karyawan dan gum pengajar LB LIA Pierre Tendean Semarang berpenampilan rapi (20) 9. Kuadran Ill merupakan faktor-faktor yang dinilai kurang penting olch siswa LB LIA Pierre Tendean Semarang. akan tetapi dilakukan dengan cukup oleh L.embaga Bahasa. faktor-faktor tersebut adalah: Jajaran stafkaryawan dan guru pengajar memberikan perhatian serius (3) Jajaran staf/karyawan dan guru pengajar selalu bersedia membantu kesulitan (7) Jajaran staf / karyawan dan guru pengajar memiliki kompetensi (9) Jajaran staf/karyawan dan guru pengajar dapat menumbuh perasaan aman ( I 0) LB LIA Pierre Tendean Semarang memberikan dukungan (13) Para guru pengajar/teacher memberikan perhatian secara individual ( 14) 10. Kuadran IV merupakan faktor-faktor pelaksanaannya/kinerjanya dilakukan dengan sangat baik oleh perusahaan, namun dinilai kurang penting oleh siswa sehingga terkesan berlebihan. Faktor-faktor tersebut antara lain : LB LIA Pierre Tendcan Semarang memberikan informasi (8) Jam-jam program program kursus yang ditawarkan sesuai dengan keinginan para siswa (17) LB LIA Pierre Tendean Semarang memiliki peralatan Fasilitas fisik dan saran penunjang (seperti : ruang kelas, kantin, dll) ( 19)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2022 00:55
Last Modified: 06 Jul 2022 00:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23866

Actions (login required)

View Item View Item