HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN KE.JADIAN TUBERKULOSIS PARU PADA BALITA DI WILAYAH PUSKESMAS TAHUNAN KABUPATEN JEPARA

Imron, Nurul lstiqlalia (2011) HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN KE.JADIAN TUBERKULOSIS PARU PADA BALITA DI WILAYAH PUSKESMAS TAHUNAN KABUPATEN JEPARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
092070085_fulltext.pdf

Download (13MB)

Abstract

Latar belakang ; Status gizi merupakan indikcator kesehatan yang penting bagi balita, karena kelompok yang rentan terhadap penyak.it infeksi dan TB paru adalah kelompok balita dan usis produlctif. Hasil SKRT (2001) dari 100.000 penduduk Indonesia terdapat 130 penderita TB paruBTA+, Status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat konsumsi makanan dan penggunan zat-zat gizi. Penyakit kurang gizi dan penyakit infeksi merupakan peyebab utama kematian di Indonesia (DAI, 2008). Rendahnya status gizi akan berdampak tingginya angka infeksi tuberkulosis pada balit. Peneliti ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara status gizi dengan kejadian TB paru pada balita. Metode Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik observasioral dengan menggunakan studi cross sectional. Jumlah respoden sebanyak 92 balita dengan teknik consecutive sampling dimana jumlah kelamin laki-laki dan perempuan memiliki jumlah yang sama sebanyak 46 responden dan usia balita terban yak adalah 12-23 bulan. Teknik analisa yang digunakan uji Chi Square dan keeratan hubungan koefisien kontingensi. Hasil : Berdasarkan hasil analisa menunjukan bahwa balita yang terjangkit TBparu dengan status gizi buruk sebany.ak 44,6% sedangkan untuk balita tidak terjangkit TB paru dengan status gizi baik sebanyak 14,1%. Uji korelasi diperoleh nilei X² hitung>X²tabel (47,577>-3,841) dengan nilai p value sebesar 0,000-0,05. Nilai koefisien kontingensi 0,584 menunjukkan korelasi sedang. Simpulan: Ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan kejadian Tbparu pada balita di wilayah Puskesmas Tahunan Kabupeten Jepara (p value-0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:50
Last Modified: 06 Jul 2022 03:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23829

Actions (login required)

View Item View Item