HUBUNGAN INTERAKSI ANTAR OBAT TERHADAP KADAR GULA DARAH PADA PASIEN DIABETES RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG PERIODE 2020

Ussa, Rikma Eliya (2021) HUBUNGAN INTERAKSI ANTAR OBAT TERHADAP KADAR GULA DARAH PADA PASIEN DIABETES RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG PERIODE 2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
33101700049_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Interaksi antar obat adalah kondisi ketika penggunaan obat dapat mempengaruhi efek dari obat lainnya secara farmakokinetik ataupun farmakodinamik. Efek yang ditimbulkan akibat interaksi antar obat berupa efek yang diharapkapkan ataupun efek yang merugikan bagi pasien. Pada umumnya interaksi obat terjadi pada pasien diabetes melitus karena mendapatkan terapi pengobatan lebih dari satu macam obat sehingga berpeluang terjadinya interaksi yang akan mengganggu pengendalian kadar gula. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya hubungan interaksi antar obat dengan kadar gula darah. Jenis penelitian ini observasional. Rancangan penelitian bersifat deskriptif analitik dengan pengambilan data secara retrospektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap diabetes melitus tidak atau dengan penyakit penyerta Hipertensi, Dyslipidemia, Dyspepsia, Congestive Heart Failure, dan Coronary Artery Disease di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Sampel yang diambil sebanyak 51 pasien dengan Teknik pengambilan purposive sampling. Data diambil dengan pengumpulan data rekam medis pasien rawat inap Analisis statistik menggunakan uji Chi-Square. Berdasarkan analisis statistik di dapatkan hasil nilai p-value 0,001 dapat disimpulkan terdapat hubungan interaksi antar obat dengan kadar gula darah pada pasien diabetes rawat inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Kata kunci: Interaksi obat, interaksi antar obat, pasien diabetes melitus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:33
Last Modified: 07 Jul 2022 06:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23820

Actions (login required)

View Item View Item