PERBEDAAN HAMBATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM DAN SKILLS LAB SECARA DARING PADA MAHASISWA FARMASI DI INDONESIA (Berdasarkan Aspek Psikis dan Fisik, Proses Belajar Mengajar, Profesionalitas Dosen, Sarana dan Prasarana pada 8 Regional ISMAFARSI Periode Agustus-September 2021)

Purnamasari, Melati (2021) PERBEDAAN HAMBATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM DAN SKILLS LAB SECARA DARING PADA MAHASISWA FARMASI DI INDONESIA (Berdasarkan Aspek Psikis dan Fisik, Proses Belajar Mengajar, Profesionalitas Dosen, Sarana dan Prasarana pada 8 Regional ISMAFARSI Periode Agustus-September 2021). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
33101700032_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perubahan pembelajaran menjadi daring menyebabkan dampak yang signifikan terhadap menurunnya ketrampilan mahasiswa farmasi terhadap pembelajaran praktikum dan skills lab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hambatan pelaksanaan pembelajaran praktikum dan skills lab secara daring pada mahasiswa farmasi di Indonesia. Jenis penelitian menggunakan observasional dengan rancangan penelitian cross sectional.Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage cluster random sampling. Sampel berjumlah 386 mahasiswa farmasi dari 16 universitas yang terbagi menjadi delapan regional. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Agustus – September 2021 menggunakan google form. Data diperoleh melalui kuesioner berisi 25 pertanyaan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya,dan dijawab menggunakan Likert Scale 4 point. Hasil analisis hambatan pembelajaran praktikum dan skills lab daring menggunakan uji Kruskal-Wallis adalah p-value 0,000. Uji Mann Whitney didapatkan p-value 0,000, yaitu kelompok regional Batara Jatim-Indonesia Timur, Batara Jatim-Jabodelata, Batara Jatim-Joglosepur, Batara Jatim-Kalimantan, Batara Jatim-Priangan, Batara Jatim-Sumatera 1, Batara Jatim-Sumatera 2, Jabodela-Joglosepur, Jabodelata-Sumatera 1, Joglosepur-Kalimantan. Skor hambatan rata-rata pembelajaran praktikum dan skills lab adalah 71,50. Rerata skor aspek psikis tertinggi adalah regional Sumatera 1 (9,96), aspek proses belajar mengajar adalah regional Sumatera 1 (47,42), aspek sarana dan prasarana adalah regional Sumatera 1 (11,77), sedangkan pada aspek profesionalitas dosen adalah regional Batara Jatim (7,02). Kesimpulan yang diperoleh bahwa terdapat perbedaan hambatan pembelajaran praktikum dan skills lab daring pada mahasiswa farmasi di Indonesia. Skor hambatan pembelajaram praktikum dan skills lab regional ISMAFARSI masuk dalam kategori “sedang”. Pada aspek psikis, proses belajar mengajar, sarana dan prasarana regional Sumatera 1 memiliki rerata skor tertinggi, sedangkan pada aspek profesionalitas dosen regional Batara Jatim memiliki rerata skor tertinggi. Kata kunci: Pembelajaran Daring, Praktikum, Skills Lab, Mahasiswa Farmasi, Hambatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:31
Last Modified: 07 Jul 2022 04:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23817

Actions (login required)

View Item View Item