UJI SIFAT FISIK DAN UJI AKTIVITAS ANTIJAMUR EKSTRAK ETANOL 96% DAUN PACAR AIR (Impatiens balsamina L.) TERHADAP Candida albicans ATCC 10231 DALAM SEDIAAN SALEP BERBASIS HIDROKARBON

Sutanto, Gusnul (2021) UJI SIFAT FISIK DAN UJI AKTIVITAS ANTIJAMUR EKSTRAK ETANOL 96% DAUN PACAR AIR (Impatiens balsamina L.) TERHADAP Candida albicans ATCC 10231 DALAM SEDIAAN SALEP BERBASIS HIDROKARBON. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
33101700024_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki kawasan beriklim tropis. Udara yang berdebu, temperatur yang hangat dan lembab serta keadaan lingkungan yang kotor dan mikroorganisme dapat menyebabkan penyakit pada kulit yang disebabkan oleh jamur, seperti penyakit kandidiasis. Daun pacar air (Impatiens balsamina L.) merupakan salah satu tanaman yang memliki kandungan flavonoid, saponin, dan steroid yang memiliki aktivitas antijamur. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas antijamur dan sifat fisik ekstrak etanol 96% daun pacar air (Impatiens balsamina L.) terhadap candida albicans ATCC 10231 dalam sediaan salep berbasis hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan metode difusi cakram terhadap jamur candida albicans ATCC 10231 menggunakan berbagai kelompok. Kelompok salep ekstrak daun pacar air konsentrasi 6,25 %, kontrol positif, kontrol negatif, yang aktivitasnya ditunjukkan dengan diameter zona hambat yang terbentuk disekitar kertas cakram. Serta dilaukan uji evaluasi sifat fisik sediaan salep berupa uji organleptis, homogentas, pH, daya sebar dan daya lekat. Hasil uji organoleptis salep berbentuk semi solid, berwarna coklat, bau khas pacar air, dengan pH 4,67, daya sebar 5,73 cmdan daya lekat 4,6 detik yang telah sesuai dengan parameter uji evaluasi sifat fisik sediaan salep. Serta memiliki aktivitas antijamur kategori kuat dengan diameter zona hambat 16 mm. Kesimpulan penelitian ini yaitu sediaan salep ekstak daun pacar air (Impatiens balsamina L.) memiliki aktivitas antijamur terhadap jamur Candida albicans ATCC 10231 dan memenuhi parameter evaluasi sifat fisik sediaan salep (uji organoleptis, uji pH, uji homogenitas, uji daya sebar, uji daya lekat). Kata kunci: Pacar air (Impatiens balsamina L.), Salep, Antijamur, Kandidiasis, Candida albicans ATCC 10231.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:30
Last Modified: 07 Jul 2022 06:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23814

Actions (login required)

View Item View Item