WAHYUNINGSIH, RATRI (2003) ANALIS PENGARUH HARGA, PELAYANAN DAN KEANEKARAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MELA KUKAN PEMBELIAN DI SRI RATU SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
04996927_fulltext.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pada abad modern ini dalam berbelanja konsumen menginginkan cara berbelanja yang praktis dan aman.Mereka bukan hanya sekedar berbelanja saja tapi juga mencari informasi tentang produk baru,membandingkan harga atau sekedar jalan-jalan saja.Di Sri Ratu ramai dikunjungi pada awal diluncurkan program khusus seperti discount dan cuci gudang.Ini menunjukkan bahwa temyata harga mnjadi pertimbangan utama bagi konsumen dalam memutusaka pembelian.Selain harga pelayanan juga menjadi pertimbangan konsumen dalam pembelian karena konsumen waktu membeli ingin dilayani dan diperhatikan apa yang dibutuhkan.Keanekaragaman juga diperhatikan konsumen karena dengan · · berbelanja disatu tempat sudah tersedia semua kebutuhan yang dibutuhkan. Berdasarkan lattar belakang tersebut maka dalam penelitian ini permasalahan dirumuskan menjadi apakah ada pengaruh harga.Pelayanan dan keanekaragaman produk terhadap keputusan konsumen melakukan pembelian di Sri Ratu.dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga.Pelayanan dan keanekaragaman produk terhadap keputusan konsumen melakukan pembelian di Sri Ratu. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif,sedangkan populasinya adalah seluruh konsumen yang pemah berbelanja di Sri Ratu dan dengan teknik sampel accidental sampel sebanyak 100 responden.alat analisisnya adalah regresi berganda,koefisien determinasi,uji F dan uji T. Dari data yang didapat tentang responden ternyata sebagian besar responden berumur 30-34 tahun yang berjenis kelamin perempuan dengan profesi sebagai ibu rumah tangga dan penghasilannya antara Rp 300.000,00 Rp 399.000,00 dengan tingkat pendidikan SLTA.Keputusan konsumen dipengaruhi harga,pelayanan dan keanekaragaman nyata pada taraf a sebesar 3,1 % dengan kontribusi sebesar 8,8 % dan derajat keeratannya 29,6 %.harga produk yang dijual di Sri Ratu ternyata cukup mahal dengan pemberian discount yang menarik dan masih sesuai dengan harapan konsumen,sehingga mengindikasikan harga di Sri Ratu cukup murah.Untuk keputusan pembelian yang dipengaruhi harga nyata pada taraf a sebesar 63,5 % dengan koefisien tanda parameter negatif yang menunjukkan jika harga dinaikkan maka keputusan konsumen untuk membeli akan turun.Pembeljan label produk di Sri Ratu ternyata cukup membantu dan pelayanan yang di berikan biasa dan masih sesuai dengan harapan konsumen,sehingga dapat diartikan pelayanan di Sri Ratu baik. Untuk keputusan konsumen yang dipengaruhi pelayanan nyata pada taraf a. sebesar 2,2 % dengan koefisien tanda parameter positif yang artinyajika pelayanan ditingkatkan maka keputusan konsumen untuk membeli akan naik.Keanekaragaman produk di Sri Ratu dinilai beragam begitu pula dengan jumlah merk yang lengkap dan persediaan barang yang cukup,hal ini mengindikasikan bahwa Sri Ratu dalam menyediakan produk yang dijual lengkap.Untuk keputusan konsumen yang dipengaruhi keanekaragaman nyata pada taraf a sebesar 3,7 % yang menunjukkan jika keanekaragaman lebih dilengkapi maka keputusan konsumen untuk membeli akan naik.Harga menjadipentin dan pelayanan cukup berpengaruh serta keanekaragaman yang cukup penting menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian.dengan melihat ketiga elemen tersebut yang ada di Sri Ratu,konsumen yakin untuk melakukan pembelian di Sri Ratu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 06:19 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 06:19 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23804 |
Actions (login required)
View Item |