EVALUASI PENATALAKSANAAN MUAL MUNTAH PASCA KEMOTERAPI PADA PASIEN KANKER SERVIKS DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT Dr. KARIADI SEMARANG PERIODE 2019

Kusumawardani, Erwina Eka Yosita (2021) EVALUASI PENATALAKSANAAN MUAL MUNTAH PASCA KEMOTERAPI PADA PASIEN KANKER SERVIKS DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT Dr. KARIADI SEMARANG PERIODE 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
33101600434_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Kanker serviks merupakan kanker yang menyerang organ reproduksi wanita pada daerah leher rahim, letaknya ada pada rahim (uterus) dengan liang senggama wanita (vagina). Salah satu pengobatan kanker serviks yaitu dengan kemoterapi. Kemoterapi dapat menimbulkan terjadinya berbagai macam efek samping yang ditimbulkan, yang paling sering terjadi yaitu efek samping mual dan muntah. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan rancangan deskriptif evaluative yang bersifat retrospektif. Bahan penelitian yang digunakan yaitu rekam medik dari pasien kanker serviks sepanjang tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat efek samping yang timbul berupa gejala mual-muntah pasca kemoterapi dan bagaimana penatalaksanaannya kemudian mengidentifikasinya ke dalam Drug Related Problems (DRPs). Dari 97 kasus kanker serviks yang telah di amati, kanker serviks, terdapat terdapat 20 kasus yang mengalami DRPs. Dari 20 kasus tersebut 16 (16,49%) kasus mengalami kejadian mual ataupun muntah pascakemoterapi dan 77 (79,38%) kasus tidak mengalami mual dan muntah. Dari 97 kasus yang ada, ditemukan Drug Related Problem (DRP) yaitu terdapat terdapat sebanyak 61 kasus yang termasuk ke dalam kategori DRPs interaksi obat yang bersifat minor, monitoring closely dan moderate. Terdapat 1 pasien yang termasuk ke dalam kategori DRPs pemilihan obat tidak tepat yaitu pada pasien yang mempunyai penyakit ginjal (Pelvektasis ginjal kiri) mendapatkan terapi obat sitostatika cisplatin. Terdapat 16 pasien mengalami DRPS dimanaa pasien yang mengalami mual muntah yang hanya di berikan ondansetron tidak diberikan kombinasi atau tambahan obat antiemetic seperti dexamethasone. Kata kunci : Kanker serviks, DRPs, mual dan muntah pascakemoterapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:41
Last Modified: 07 Jul 2022 03:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23800

Actions (login required)

View Item View Item