PENGARUH MODEL TREFFINGER BERPENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS II SDN 1 JIMBARAN

Sanjaya, Luluk Fitri (2021) PENGARUH MODEL TREFFINGER BERPENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS II SDN 1 JIMBARAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
34301700026_fullpdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berfikir kritis tidak semata-mata hanya berfikir saja. Rasa ingin tahu merupakan tingkah laku yang mencerminkan terhadap sesuatu akibat adanya dorongan, pancingan atau keinginana yang kuat pada hal yang baru dan menarik. Tujuan dari proses pembelajaran ini tidak lain adalah tercapainya sebuah tujuan kemampuan berfikir kritis dan rasa ingin tahu setelah menerima model pembelajaran Treffinger berpendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil serta jawaban hipotesis, adapun uji hipotesis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas yang menggunsksn uji t dengan rumus Independent Sample T-Test dan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Terdapat pengaruh pembelajaran Treffinger berpendekatan saintifik terhadap kemampuan berfikir kritis , dibuktikan dengan hasil uji Independent Sample T-Test terdapat nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima diartikan terdapat perbandingan nilai pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dan pada uji Paired Sample T-Test ada nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima diartikan terdapat perbandingan nilai pretest ke posttest kelas eksperimen dan kontrol. (2) Adanya pengaruh pembelajaran Treffinger berpendekatan saintifik terhadap rasa ingin tahuuji Independent terdapat hasil Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima sedangkan pada Paired hasil dari Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dalam penelitian ini terdapat kesimpulan bahwa setelah diberikan pembelajaran Treffinger berpendekatan saintifik terdapat perbedaan atau perubahan hasil dari sebelum dan sesudah pembelajaran terhadap kemampuan berfikir kritis dan rasa ingin tahu. Kata Kunci : Pembelajaran Treffinger, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Berpikir Kritis, Rasa Ingin Tahu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:39
Last Modified: 05 Jul 2022 06:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23788

Actions (login required)

View Item View Item