PENGARUH METODE DEMONSTRASI MELALUI MEDIA SEMPOA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SDN WILAYAH KUDUS

Ulya, Lisa Hilmayatul (2021) PENGARUH METODE DEMONSTRASI MELALUI MEDIA SEMPOA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SDN WILAYAH KUDUS. Diploma thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
34301700025_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan peserta didik yang mampu memahami sebuah konsep, faham akan masalah yang terjadi sehingga siswa mampu memahami masalah tersebut, dan mampu mengaplikasikan sebuah konsep dalam keadaan yang berbeda. Kemampuan pemahaman konsep ini secara umum dan khususnya SDN Wilayah Kudus tergolong masih rendah. Diperlukannya suatu kreatif dan inovasi guru ketika sedang melakukan kegiatan belajar mengajar menerapkan suatu metode dan media untuk alat peraga pembelajaran. Salah satu metode dan media pembelajaran yang bias membantu pada kemampuan pemahaman konsep dan membuat peserta didik makin aktif dalam pembelajaran adalah metode demonstrasi melalui media sempoa. Peneliti ini menggunakan metode demonstrasi tepatnya dengan Quasi eksperimental desaign. Sample diambil dari sistematis dari populasi 28 dan 32 diambil sebanyak kelas kontrol 26 siswa dan kelas eksperimen 26 siswa. Tujuan dari peneliti ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode demonstrasi melalui media sempoa terhadap kemampuan pemahaman konsep materi operasi hitung perkalian pada siswa kelas IV SDN Wilayah Kudus, serta kemampuan pemahaman konsep materi operasi hitung perkalian dengan metode demonstrasi melalui media sempoa dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada siswa kelas IV SDN Wilayah Kudus. Hasil uji normalitas data menunjukkan nilai antara kelas kontrol dan eksperimen pada pretest dan posttest berdistribusi normal. Dilihat dari uji hipotesis I berupa Uji t (Independent sampel t-test), kelas kontrol terlihat terlihat pada kolo Lower dan Upper masing – masing bernilai negatif yakni -18.84034 untuk Lower dan -4.69812 untuk Upper. Nailai dari sig. (2-tailed): 0,002. Sedangkan pada kelas eksperimen terlihat pada kolom Lower dan Upper masing – masing bernilai negative yakni -15.24147 untuk Lower dan -7.60469 untuk Upper. Nilai dari sig. (2-tailed): 0,000. Dan uji hipotesis kedua menggunakan uji t (one sample t test) satu pihak yang kanan. Dari output pertama kelas kontrol, dapat diperlihatkan bahwa banyaknya data 25 buah dengan rata – rata = 77,30dan simpangan baku = 9,61 sedangkan test value = 70 dengan nilai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:38
Last Modified: 05 Jul 2022 06:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23787

Actions (login required)

View Item View Item