PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL “SMART MATH” UNTUK MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 3 DI SDN 1 PUGUH

Styasih, Indriyan (2021) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL “SMART MATH” UNTUK MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 3 DI SDN 1 PUGUH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
34301700020_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran adalah kegiatan yang memiliki nilai edukasi dalam membentuk interaksi antara guru dengan siswa yang sehingga membentuk tujuan belajar yang telah dirumuskan sebelum terlaksanakannya proses belajar. Kemampuan ini secara umum dan khususnya di SDN 01 Puguh masih tergolong rendah. Diperlukan suatu kreatifitas dan inovatif bagi guru dalam proses pembelajaran khususnya dalam suatu model dan media pembelajaran. Salah satu model dan media pembelajaran yang dapat membantu perubahan dalam prestasi belajar siswa adalah dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan berbantuan media Smart Math. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D. Sampel yang digunakan dalam penilitian ini adalah siswa kela 3 SDN 1 Puguh dengan jumlah 25 peserta didik. Tujuan dalam penelitian kali ini untuk mengetahui bagaimana pengembangan media Smart Math dalam materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan kelas 3 SD, serta apakah ada pengaruh media Smart Math pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan di SDN 01 Puguh. Hasil uji normalitas data menunjukan nilai pretest dan posttest berdistribusi normal. Dilihat dari hasil Lmaks 0,169 yang nilainya lebih kecil dari Ltabel yaitu 0,180. Uji hipotesis pertama menunjukkan uji t (Paired Sampel t-test) menunjukkan adanya pengaruh dilihat dari hasil Lower dan Upper bernilai negatif yaitu Lower sebesar -27.89327 dan Upper sebesar -17.70673. Nilai Sig. (2-tailed) memperlihatkan angka 0,000 yang berarti < 0,05 dan uji hipotes kedua berupa uji t (One Sampel T-Test) menunjukkan ada perkembangan dilihat dari hasil nilai thitung 29.812 dan ttabel bernilai 0,180. Kemudian diperoleh dari data berdistribusi normal dan simpangan baku dengan taraf signifikan 5% dan dk=n-1, tthitung > ttabel yaitu 29.812 dan 0,180 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Pengembangan Media, Model ADDIE, dn Media Smart Math.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:38
Last Modified: 05 Jul 2022 06:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23785

Actions (login required)

View Item View Item