PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP MINAT BACA KELAS 1 SD N GAJIHAN

Yustiepratiwi, Indah Wulandari (2021) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP MINAT BACA KELAS 1 SD N GAJIHAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
34301700019_fullpdf.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kemampuan literasi bangsa Indonesia tergolong rendah. Rendahnya minat baca tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor. Minat pada diri seseorang tidak akan timbul secara tiba-tiba. Minat.dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca antara lain adalah factor eksternal dan faktor internal. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Pengembangan (Research and Development) dengan metode ADDIE. tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengembangkan buku.cerita bergambar pada siswa kelas I Sekolah Dasar. 2) Untuk mendesripsikan kelayakan penggunaan buku cerita bergambar pada siswa kelas I Sekolah Dasar. 3) Untuk mengetahui keefektifan minat baca siswa kelas I Sekolah Dasar melalui buku cerita bergambar. Hasil penelitian ini adalah 1)Tahapan yang digunakan pada pengembangan terdapat lima tahapan, yaitu: a) analysis (tahap analisis) yang meliputi analisis kinerja dan analisis kebutuhan, b) design (tahap desain) yang meliputi perancangan dan penetapan kompetensi, c) develop (tahap pengembangan) yang meliputi penulisan buku cerita bergambar, validasi media, revisi media, dan validasi instrument tes, d) implement (tahap penerapan) yang meliputi penggunaan buku cerita bergambar, e) evaluate (tahap penilaian) yang meliputi tes, observasi minat baca oleh guru. evaluasi melalui angket respon guru dan siswa. 2) Produk buku .cerita bergambar dinyatakan “sangat layak” dibuktikan dengan validator pertama dengan skor 29 dengan memperoleh persentase 58%, validator kedua dengan skor 45 dengan memperoleh persentase 90%, validator ketiga dengan skor 47 dengan memperoleh 94%. 3) Produk berupa buku cerita bergambar dinyatakan efektif dalam meningkatkan minat baca siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai tes siswa yang menunjukkan peningkatan pada pre test dan post test. Pada penilaian pre test diperoleh jumlah nilai 765 dari 17 siswa dengan rata-rata 45 dan persentase 45%. Pada penilaian post test diperoleh peningkatan menjadi jumlah nilai 1485 dengan nilai rata-rata 87 dan persentase 87%. Kata Kunci: Buku Cerita Bergambar, Minat Baca Siswa , Kelas I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:36
Last Modified: 05 Jul 2022 06:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23780

Actions (login required)

View Item View Item