ANALISIS AMBISI SALESMAN DALLAM PENINGKATAN PENJUALAN PADA PT. NYONYA MENEER SEMARANG

SANTOSO, KURNIA DWI (2001) ANALISIS AMBISI SALESMAN DALLAM PENINGKATAN PENJUALAN PADA PT. NYONYA MENEER SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04976029 fulltext.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam pertumbuhan ekonomi ini dengan sendirinya akan diikuti dengan persaingan sengit di antara persahaan-perusahaan dalam memperebutkan pasar. Perusahaan yang lama berusaha mempertahankan atau bahkan meningkatkan market share yang telah dikuasainya, sementara perusahaan yang baru berusaha memperoleh atau merebut market share yang dianggap cukup untuk dijadikan tonggak sebagai dasar untuk perkembangan perusahaan selanjutnya. Perkembangan usaha yang semakin luas dan beragam ini memaksa manajemen memutar otak untuk mengusahakan bagaimana cara melemparkan produknya ke pasar. Kegiatan seperti ini dikenal orang sebagai kegiatan pemasaran oleh salesman. Pemasaran oleh salesman adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang didesain untuk merencanakan, menetapkan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang atau jasa pemuas keinginan kepada konsumen potensial. Secara sistematika kegiatan pemasaran oleh salesman dapat diuraikan sebagai berikut: berusaha mengetahui keinginan konsumen; merencanakan, dan mengembangkan suatu produk atau jasa yang akan dapat memuaskan keinginan tersebut; menentukan cara yang terbaik untuk menetapkan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa tersebut. Tujuan penelitian di sini untuk mengetahui ambisi salesman berdasarkan produk dalam peningkatan penjualan pada perusahaan jamu PT Nyonya Meneer Semarang. Untuk mempermudah penjelasan suatu masalah, maka diperlukan suatu hipotesis. Hipotesis penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara ambisi salesman berdasarkan produk untuk dapat meningkatkan penjualan. Adanya program pengembangan atau pemeliharaan salesman dalam perusahaan akan meningkatkan kemampuan dan efektifitas kerja salesman serta akan mendorong mereka bekerja giat dan berusaha untuk meningkatkan penjualan produk PT Nyonya Meneer Semarang. Dari basil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y = 332,175 + I 7,20x. Menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat antara ambisi salesman terhadap peningkatan penjualan. Hasil dari koefisien determinasi diperoleh sebesar R' = 0,467, berarti bahwa ambisi salesman terhadap peningkatan penjualan mempunyai pengaruh sebesar 46, 7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil pengujian t hitung diperoleh sebesar 10,380, sedangkan t tabel dengan taraf signifikan 0,I0 dan derajat kebebasan 20 - --22 = 18, maka diperoleh hasil sebesar 1,330. Hal ini berarti menunjukkan bahwa t tes < t hitung sehingga dapat diartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara ambisi salesman terhadap peningatan penjualan. Setelah dilakukan dapat dilihat bahwa peningkatan penjualan mengalami kenaikan dari bulan ke bulan, sehingga dapat dikatakan bahwa hal itu dapat meningkatkan daya saing pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:17
Last Modified: 04 Jul 2022 03:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23643

Actions (login required)

View Item View Item