MODEL PERBAIKAN TANAH DASAR PADA PERENCANAAN PERKERASAN JALAN DI ATAS TANAH LEMPUNG EKSPANSIF (Studi Kasus Ruas Jalan Godong - Purwodadi)

KURNIAWAN, DEDI and PRANAWAN, EKA DESTY (2011) MODEL PERBAIKAN TANAH DASAR PADA PERENCANAAN PERKERASAN JALAN DI ATAS TANAH LEMPUNG EKSPANSIF (Studi Kasus Ruas Jalan Godong - Purwodadi). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
022052787_Fullteks.pdf

Download (27MB)

Abstract

Ruas jalan Godong - Purwodacli merupakan bagian dari jalan Propinsi Semarang - Wirosari yang terletak di bagian Timur - Utara Jawa Tengah tennasuk dalam wilayah Kabupaten Grobogan, panjang jalan Godong - Purwodadi adalah 20 km dimulai pacla KM SMG. 44+000 s.d. KM SMG. 64+000. Konstruksi perkerasan jalan Godong - Purwodacli terdiri dari konstruksi perkerasan lentur dan kaku. Perkerasan lentur direhabilitasi pada tahun 2003 dengan umur rencana 10 tahun climulai pada tahun 2005, sedangkan perkerasan kaku mulai clibuat pada tahun 2009 dengan umur rencana 20 tahun dimulai pada tahun 2010. Jalan Godong - Purwodadi telah mengalami kerusakan sebelum umur rencananya tercapai. Penyebab utama kerusakan struktur perkerasan jalan adalah rendahnya daya dukung tanah dan tidak adanya perbaikan tanah dasar pada struktur perkerasan jalan. Tujuan dari tugas akhir ini, adalah menentukan struktur perkerasan yang tepat dipakai diatas tanah lempung ekspansif. Metode - metode perbaikan tanah yang dapat diterapkan pada ruas jalan Godong - Purwodadi yaitu pemasangan material geotekstil, menerapkan pondasi sarang laba-laba, serta menerapkan pondasi cakar ayam yang difungsikan sebagai lapis pondasi struktur perkerasan jalan. Dari basil perencanaan yang telah dilakukan diperoleh tebal perkerasan lentur dengan tanah asli adalah 130 cm. Tebal perkerasan lentur dengan material geotekstil adalah 106 cm. Tebal perkerasan lentur dengan pondasi sarang laba­ laba adalah 50,5 cm. Tebal pelat perkerasan kaku dengan material geotekstil adalah 26 cm, tebal pelat perkerasan kaku dengan pondasi sarang laba-laba adalah 19 cm, dan tebal pelat perkerasan kaku dengan pondasi cakar ayam adalah 26 cm. Dari basil penelitian dapat disimpulkan bahwa besar kecilnya nilai CBR mempengaruhi tebal perkerasan, ketiga model perbaikan tanah dasar dapat diterapkan pada perkerasan jalan tersebut. Meskipun dari segi ekonomi dalam studi ini tidak dibahas, dan belum diketahui apakah perkerasan dengan pondasi sarang laba - laba akan lebih ekonomis atau tidak. Namun demikian, akan lebih baik apabila penggunaan pondasi sarang laba - laba pada tanah lempung ekspansif ini dicoba untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:00
Last Modified: 04 Jul 2022 02:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23632

Actions (login required)

View Item View Item