PENGARUH VARIABEL-VARIABEL KUALLTAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA MAHASISWA FE UNISSULA SEMARANG)

MERAWATI, ENDAH (2005) PENGARUH VARIABEL-VARIABEL KUALLTAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA MAHASISWA FE UNISSULA SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
042017559_full text.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan Perguruan Tinggi Swasta yang sedemikian pesat menyebabkan tuntutan masyarakat akan adanya perguruan tinggi yang mampu membuktikan kualitas pelayananyang tinggi dan bukti prestasi sebagai tolok ukur kernajuan sebuah lernbaga perguruan tinggi. Hal ini bagi perguruan tinggi umumnya · dan Fakultas Ekonomi Unissula Semarang tentu saja dituntut harus mampu memenuhi harapan masyarakat/ konsumen akan kebutuhan perguruan tinggi . yang berkualitas. Dalam hal ini, kualitas pelayanan yang meliputi bukti fisik (tangible), keandalan (reliabi/ify), ketanggapan (responsiveness). jaminan dan kepastian (assurance) dan empati (emphaty) akan menjadi faktor utama bagi mahasiswa dalam menentukan keputusan memilih perguruan tinggi. Kualitas pelayanan yang baik akan mempengaruhi kepuasan konsumen karena konsumen yang puas akan cenderung menyampaikan hal-hal positif mengenai lembaga pendidikan khususnya Fakultas Ekonomi Unissula Semarang. Sehingga penulis tertarik mengambil judul Pengaruh Variabel-variabel Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang masih aktif kuliah di Fakultas Ekonorni Unissula Semarang. Tehnik pengambilan sampcl uccidentul sampling, yaitu pemilihan sampcl tidak bcrsilat acak mclainkan kcbctulan misalnya memilih anggota sampel yang terdekat atau pertama kali dijumpai, sampel harus benar-benar berdasarkan faktor kebetulan, bebas dari subyektivitas orang lain. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil uji validitas menunjukkan keseluruhan pemyataan dalam item semua variabel (langible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan kepuasan konsumen) adalah valid karena nilai r produk moment> r tabel. Demikian pula uji reliabilitas, dapat disimpulkan bahwa item-item semua variabel (tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan kepuasan konsumen) reliabel, karena nilai alpha > Cronbach Alpha 0,5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien regresi tangible 0,227 sig. 0,001, reliability sebesar 0, 193 sig. 0,006, responsiveness sebesar 0, t 9 t sig. 0,004, assurance sebesar 0, 135 sig. 0,008 dan emphaty scbcsar I .. 77 sig. 0.000. Hal ini bcrarti tangibl«, reliability, responsiveness, assurance. emphaty berpengaruh positi r signi likan ierhadap kepuasan konsumcn secara parsial. Model rcgresi ini tclah terbebas dari uji asumsi klasik : data dalam model rcgrcsi berdistribusi normal, tidak tcrkcna multikolinieritas, tidak terjadi autokorelasi dan telah terbebas dari heteroskedastisitas. Hasil uji F menunjukkan F hitung = 477,015 > F tabel pada signifikansi menunjukkan 0,000 < a = 0,05. Nilai koefisien determinasi (adjusted R Square} sebesar 0,962 mengandung pengertian bahwa variasi perubahan kepuasan konsumen (Y) mampu dijelaskan oleh tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty sebesar 96,2% sedangkan sisanya sebesar 3,8 % tidak mampu dijelaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:44
Last Modified: 04 Jul 2022 02:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23569

Actions (login required)

View Item View Item