HUBUNGAN STATUS TAHAPAN KELUARGA SEJAHTERA DENGAN PERTUMBUHAN ANAK USIA 1-3 TAHUN DI KELURAHAN KARANG ANYAR TUGU SEMARANG

Khudlori, Akhsan (2011) HUBUNGAN STATUS TAHAPAN KELUARGA SEJAHTERA DENGAN PERTUMBUHAN ANAK USIA 1-3 TAHUN DI KELURAHAN KARANG ANYAR TUGU SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
092070010_fullteks.pdf

Download (17MB)

Abstract

Latar Belakang: Jumlah keluarga prasejahtera dan sejahtera I mencapai sepertiga dari jumlah keseluruhan kcluarga di Jawa Tengah dan sisanya adalah keluarga scjahtera 2 scjahtera 3 dan sejahtera plus. Dari hasil studi pendahuluan ditemukan 4 kasus pertumbuhan anal yang kurang baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara tahapan keluarga scjahtera dan pertumbuhan anak usia I-3 tahun. Metode: Jenis penelitian ini survey analitik dengan rancangan cross sectional Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data KMS, Jumlah sampel sebanyak II0 keluarga yang memiliki anak usia 1-3 tahun dengan teknik consecutive sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan SPSS 16 menggunakan rumus chi dan square test contingency coefficient test. Dengan variabel dependen status tahapan keluarga sejahtera dan variabel independen pertumbuhan anak usia 1-3 tahun Hasil: Berdasark.an analisa dari H0 sampel penelitian, didapatkan scbagian besar responden memiliki karakteristik, umur anak 2 tahun sebanyak 38,2%, pendidikan orang tua SMA sebanyak 30,9% taha pan keluarga prasejahtera dan sejahtera I sebanyak 53,6%, keluarga sejahtera 2 sebanyak 21,8%. keluarga sejahtera 3 dan sejahtera 3 plus sebanyak 24,5%. Responden yang mempunyai anak dengan pertumbuhan baik sebanyak $0% responden yang mempunyai anak dengan pertumbuhan kurang baik scbanyak 20%. Hasil uji chi square pertara p value 0,041 dan nilai contingency coefficient 0.234. Simplan; Ada hubunpan antara tahapan kcluarga sejahtera dan pertumbuhan anak usia I- 3 tahun dengan keeratan hubungan masing-masing rendah. menggunakan random sampling Kata kunci: Status tahapan keluarga sejahtera, pertumbuhan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:53
Last Modified: 04 Jul 2022 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23563

Actions (login required)

View Item View Item