PENGARUH PELAYANAN DAN KETERSEDIAAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN JAMU BOROBUDUR DI KECAMATAN GENUK SEMARANG

PUJIASTUTI, NOVI (2001) PENGARUH PELAYANAN DAN KETERSEDIAAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN JAMU BOROBUDUR DI KECAMATAN GENUK SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04965868S_full text.pdf

Download (16MB)

Abstract

Pelayanan merupakan salah satu hal yang sangat penting karena dapat menentukan kesuksesan dalam menarik konsumen yang lebih banyak. Pelayanan yang diberikan kepada konsumen dapat berpengaruh terhadap loyalitas konsumen terutama pelayanan yang baik yaitu dengan bersikap ramah, berusaha sedapat mungkin untuk melayani konsumen dengan sebaik-baiknya. Demikian halnya ketersediaan produk, karena dengan produk yang selalu tersedia menjadikan konsumen mudah dalam mendapatkan produk-produk yang diinginkan. Atas dasar kedua faktor tersebut, dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui pengaruh pelayanan ketersediaan produk terbadap loyalitas konsumen jamu Borobudur di Kecamatan Genuk Semarang. Adapun dilakukannya penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh pelayanan yang diberikan dan ketersediaan produk terbadap loyalitas konsumen pada jamu Borobudur Semarang. Untuk mengetahui akan adanya pengaruh antara pelayanan dan ketersediaan produk terhadap loyalitas konsumen dalam membeli produk jamu Borobudur Semarang, maka dilakukan pengujian dengan menggunakan uji Chi Square yang dibantu oleb program SPSS dengan basil-basil sebagai berikut : 1. Pengaruh antara sikap penjual terhadap loyalitas konsumen pada taraf a< 0,05 diperoleh hasil X hitung = 62,35877 > X tabel clan 12,5916 dan coeficient contingency sebesar 0,74498 dengan C Maks sebesar 0,816 diperoleh r sebesar 0,91. · Dengan demikian terdapat pengaruh sikap penjual terhadap loyalitas konsumen yang tinggi. = 2. Pengaruh antara keramahan penjual terhadap loyalitas konsumen pada taraf a < 0,05 diperoleh hasil X hitung = 43,33784 > X tabel = 12,5916 dan coeficient contingency sebesar 0,68140 dengan C Maks sebesar 0,816 diperoleh r sebesar 0,84. Dengan demikian terdapat pengaru.h keramahan penjual terhadap loyalitas konsumen yang tinggi. 3. Pengaruh antara kecepatan penjual terhadap loyalitas konsumen pada taraf a < 0,05 diperoleh hasil X hitung = 68,95450 > X tabel = 12,5916 dan coeficient contingency sebesar 0,76136 dengan C Maks sebesar 0,816 diperoleh r sebesar 0,92. Dengan demikian terdapat pengaruh kecepatan penjual terhadap loyalitas konsumen yang tinggi. 4. Pengaruh antara ketersediaan produk terhadap loyalitas konsumen pada taraf a, < 0,05 diperoleh hasil X hitung = 59,400 > X tabel = 12,5916 dan coeficient contingency sebesar 0,73686 dengan C Maks sebesar 0,816 diperoleh r sebesar 0,90. Dengan demikian terdapat pengaruh ketersediaan produk terhadap loyalitas konsumen yang tinggi. 5. Pengaruh antara produk tidak tersedia terhadap loyalitas konsumen pada taraf a < 0,05 diperoleh hasil X hitung = 65,400 > X tabel = 9,48773 dan coeficient contingency sebesar 0, 75281 dengan C Maks sebesar 0,816 diperoleh r sebesar 0,92. Dengan demikian terdapat pengaruh produk tidak tersed.ia terhadap loyalitas konsumen yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:58
Last Modified: 04 Jul 2022 02:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23557

Actions (login required)

View Item View Item