ANALISIS PENGARUH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE TERHADAP TINGKAT KEUNTUNGAN SAHAM DI PT. BURSA EFEK JAKARTA PERIODE 1999-2001 (POJOK BE.J UNDIP)

Rusdiana, Ida (2004) ANALISIS PENGARUH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE TERHADAP TINGKAT KEUNTUNGAN SAHAM DI PT. BURSA EFEK JAKARTA PERIODE 1999-2001 (POJOK BE.J UNDIP). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
042007196 fulltext U.pdf

Download (12MB)

Abstract

Keberadaan pasar modal di Indonesia telah dimanfaatkan oleh investor dalam melakukan investasi, dengan cara membeli saham yang dikeluarkan oleh perusahaan­ perusahaan go publik yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. Infonnasi yang ada di pasar modal merupakan suatu hal yang sangat penting bagi investor. Karena dengan memanfaatkan infonnasi yang ada, investor dapat meningkatkan harapan keuntungan yang akan mereka peroleh. Salah satu informasi yang ada di pasar modal adalah pengumuman right issue. Berdasarkan hal tersebut skripsi ini mengambil judul " Analisis Pengaruh Pengumuman Right Issue Terhadap Tingkat Keuntungan Saham di Bursa Efek Jakarta (Pojok BE.J Undip)". Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis event study yang mana event yang diteliti adalah seputar pengumuman right issue. Secara teoritis pengumuman right issue dapat mempengaruhi tingkat keuntungan saham. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk membuktikan secara empiris pengaruh pengumuman right issue terhadap tingkat keuntungan saham di Bursa Efek Jakarta. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling yaitu metode pemilihan sampel berdasarkan kriteria · tertentu, sehingga diperoleh 27 perusahaan dari 43 perusahaan yang melakukan pengumuman right issue pada periode di Bursa Efek Jakarta (Pojok BEJ Undip). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan metode analisis yang digunakan yaitu Paired Sample T-test atau uji beda rata-rata, yaitu untuk menguji apakah terdapat perbedaan rata-rata abnormal return saham antara sebelwn dan 1999-2001 sesudah pengumuman right issue. Pengamatan dalam penelitian ini dilakukan terhadap tingkat abnormal return saham antara sebelum dan sesudah pengumuman right issue, yang diperoleh dari selisih tingkat keuntungan saham harian (actual return) perusahaan dan keuntungan pasar (expented return), sehingga nantinya akan diketahui perbedaan abnormal return saham sebelum dan sesudah pengumuman right issue. Dari basil perhitungan abnormal return saham antara sebelum dan sesudah pengumuman rigt issue terhadap 27 perusahaaaan yang menjadi sampel diperoleh hasil bahwa 14 perusahaan mengalami kenaikan tingkat keuntungan saham dan 13 perusahaan mengalami penurunan tingkat keuntungan saham sesudah dikeluarkannya pengumuman right issue. Dan dari pengujian statistiknya diperoleh hasil bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pa.da rata-rata abnormal return antara sebelwn dan sesudah pengumuman right issue. Karena perbedaan yang terjadi tidak signifikan maka jelaslah 'bahwa pengumuman right tidak mempunyai pengaruh terhadap tingkat keuntungan saham. Hal ini bisa terjadi karena pengumuman right issue tidak mempunyai kandungan informasi yang cukup untuk dapat mempengaruhi investor dalam melakukan keputusan investasinya. issue

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 01 Jul 2022 07:40
Last Modified: 01 Jul 2022 07:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23547

Actions (login required)

View Item View Item