PENDEKATAN METODE 5S DALAM IMPLEMENTASI LEAN THINKING SEBAGAI USULAN PERBAIKAN PROSES PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PROSES (STUDI KASUS PADA CV. KARYA MINA PUTRA)

Zaenal Abidin, Muhammad (2010) PENDEKATAN METODE 5S DALAM IMPLEMENTASI LEAN THINKING SEBAGAI USULAN PERBAIKAN PROSES PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PROSES (STUDI KASUS PADA CV. KARYA MINA PUTRA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
162050390 full text.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pada dasarya suatu perusahaan selalu berusaha untuk meningkatkan efisiensi kerja. Pengankatan efisiensi proses dilakukan dengan cara menekan waktu siklus melalui suatu pendekatan metode 58 dalam implementasi lean thinking sebagai usulan perbaikan proses. Penelitian ini dilakukan pada C. V Karya Mina Putra yang bergerak dalam bidang pengolah kayu, dengan salah satu produk yang dihasilkan adalah decking 1,9 x 9 cm .Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan adalah ndak dapat memenuhi permintaan konsumen tepat pada waktu yang telah ditentukan. Hal tersebut disebabkan karena banyoknya akiivttas yang tidak menciptakan nilai tambah ( Non Value Added activities ) yang disebut dengan waste. Dengan memtnimast waste yang ada, diharapkan akan meningkatkan efisiensi proses. Dalam penentuan efisiensi proses, parameter yang digunakan adalah efisiensi siklus dart proses produksi. Untuk mendapatkan penngkatan efisiensi proses maka diperlukan data proses dan waktu produksi, kemudian dilakukan idetifikasi waste yang terjadi. Dengan menggunakan konsep "seven plus One" types of waste didapatkan jents-fents waste yang terjadi yaitu: delay, transportation, processes, dan motions. Dari hasil identifikasi waste, akan dapat dilakukan usulan perbaikan pada Divisi Sawmill, Kiln Dry dan Moulding. Setelah dtlakukan pendekatan metode 5S dalam implementasi lean thinking tersebut, maka diperoleh waktu penyelesaian yang lebih efisten. Pada kondisi awal, efisiensi siklus pada pembuatan decking 1,9 x 9 cm adalah 57,001 %, setelah dilakukan penerapan metode 58 don tmplementasi lean thinking, efisiensi siklus mentngkat menjadi 64,347 %. Hal int menunjukkan bahwa dengan melakukan penerapan metode 58 dan implementasi lean thinking diperoleh peningkatan efistenst siklus sebesar 7,346 %. Kata kunci : efisiensi siklus, waste, 58, lean thinking.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:18
Last Modified: 06 Jul 2022 03:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23488

Actions (login required)

View Item View Item