PERBEDAAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF DAN BAHAN AJAR POWER POINT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEBANGSARI 01

Haaf, Fafa Emilia Rahmatul (2021) PERBEDAAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF DAN BAHAN AJAR POWER POINT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEBANGSARI 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301700016_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Pada penelitian ini ditemukan suatu permasalahan yaitu pada pembelajaran Bahasa Indonesia dimana keterampilan membaca puisi ini pada siswa kelas IV di SD Negeri Gebangsari 01 termasuk tergolong rendah baik dari segi irama, artikulasi. volume suara, mimik, maupun kinesika atau gerak badan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen yang termasuk true experimental design dengan jenis posttest only control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan membaca puisi menggunakan media pembelajaran video interaktif dan bahan ajar power point siswa kelas IV di SD Negeri Gebangsari 01. Hasil dari analisis data normalitas data menunjukkan nilai posttest berdistribusi normal, dilihat dari data kelas eksperimen di atas nilai Lmaks 0,134 < Ltabel 0,159 atau Sig 0,166 > 0,05 dan pada data kelas kontrol nilai Lmaks 0,129 < Ltabel 0,159 atau Sig 0,200 > 0,05 yang berarti kedua data berdistribusi normal. Selain itu data juga homogen, dilihat dari nilai Sig sebesar 0,154. Maka Sig 0,154 > 0,05 sehingga Ho diterima yang artinya data memiliki varians yang homogen. Hipotesis Uji Independent Sample T-Test membuktikan adanya perbedaan dilihat dari Lower dan Upper masing-masing bernilai negatif yaitu lower -22.388 dan upper -12.128. sedangkan Sig (2-tailed) bernilai 0,000. Maka dikatakan dari data output tersebut menunjukkan bahwa, HO ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan keterampilan membaca puisi menggunakan media pembelajaran video interaktif dan bahan ajar power point pada siswa kelas IV di SD Negeri Gebangsari 01. Kata Kunci: Keterampilan Membaca Puisi, Media Pembelajaran Video Interaktif, Bahan Ajar Power Point

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:32
Last Modified: 07 Jul 2022 03:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23468

Actions (login required)

View Item View Item