PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN SRONDOL KULON 01

Afidatunnisa’, Afidatunnisa’ (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN SRONDOL KULON 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301700004_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan tujuan terpenting dalam proses belajar pengajar mata pelajaran matematika, dimana dalam kemampuan masalah sangat dibutuh sebuah pembelajaran berfikir dan bernalar, Kemampuan ini secara umum dan khususnya di SDN Srondol Kulon 01 masih tergolong rendah. Diperlukan suatu kreatifikan dan inovasi guru dalam proses belajar mengajar khususnya dalam menerapkan suatu metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang digunakan dalam menunjang pembelajaran yaitu metode pembelajaran Drill. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan Desain penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental design, tepatnya menggunakan Nonequivalent Control Grup Design desain ini hampir sama dengan pretest posttest control grup design dengan Sampel diambil menggunakan sampel sistematis dari populasi 56 peserta didik diambil sebanyak 49 peserta didik. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran drill terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas III di SDN Srondol Kulon 01, serta untuk mengetahui apakah Perbedaan Metode Pembelajaran Drill Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDN Srondol Kulon 01. Hasil uji normaitas data menunjukkan nilai pretest dan posttest berdistribusi normal. Dilihat dari Lmaks pretest 0,155 Lmaks posttest 0,39 yang nilainya < dari L tabel yaitu 0,179. Uji Hipotesis pertama berupa uji t (paired sample t-test) menunjukkan adanya pengaruh dilihat dari Lower dan Upper bernilai negative yakni Upper sebesar -20,21691 dan Lower sebesar -13,53309. Nilai Sig. (2-tailed) meperlihatkan angka 0,000 yang berarti < 0,05 dan uji hipotesis kedua berupa uji t (Independent Simple t-test) menunjukkan ada perbedaan dilihat menunjukkan adanya pengaruh dilihat dari Lower dan Upper bernilai negative yakni Lower sebesar -11,55677 dan Upper sebesar -22,77656. Nilai Sig. (2-tailed) meperlihatkan angka 0,000 yang berarti < 0,05maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Pemecahan Masalah, Metode Pembelajaran Drill Pada Mata Pelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:14
Last Modified: 07 Jul 2022 03:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23467

Actions (login required)

View Item View Item