ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 5 DI MI MIRFA’UL ULUM

Syaifudin, Mohamad (2021) ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 5 DI MI MIRFA’UL ULUM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301600800_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran e-learning di kelas 5 MI Mirfa’ul Ulum; (2) mengetahui dampak metode pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar siswa di kelas 5 MI Mirfa’ul Ulum; dan (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar siswa di kelas 5 MI Mirfa’ul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang disajikan berupa kata-kata. Dilihat dari permasalahan yang diteliti, penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 5 MI Mirfa’ul Ulum yang berjumlah 6 siswa sebagai sampel. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Pelaksanaan Metode Pembelajaran E-learning di Kelas 5 MI Mirfa’ul Ulum dinyatakan efektif terhadap prestasi belajar siswa. Menurut siswa MI Mirfa’ul Ulum melalui wawancara dan angket yang disebarkan oleh peneliti menunjukkan bahwa e-learning sangat bermanfaat sebagai media pendukung dalam pembelajaran. Karena dengan adanya pembelajaran berbasis e-learning siswa dapat mempelajari materi secara intensif dan mandiri. Berbagai upaya telah dipersiapkan dengan baik oleh guru untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran berbasis e-learning; (2) Dampak Metode Pembelajaran E-learning terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 5 MI Mirfa’ul Ulum yaitu siswa lebih rajin dalam belajar dan menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik. Siswa semakin termotivasi dan lebih antusias, menjadikan siswa lebih mandiri dalam belajar. Dari wawancara dengan guru dapat diketahui bahwa sekitar 95% siswa mencapai tujuan pembelajaran; dan (3) Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran E-learning terhadap Prestasi Belajar Siswa sangat beragam. Faktor utama pendukung keberhasilan pembelajaran berbasis e-learning adalah faktor keluarga, dukungan dan fasilitas penunjang menjadi faktor utama dalam keberhasilan pembelajaran berbasis e-learning. Selain itu pembelajaran yang menarik juga termasuk faktor pendukung siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran yang menarik akan menumbuhkan motivasi dan antusias siswa untuk rajin belajar, sehingga siswa dapat menyelesaikan dan mengerjakan ujian dengan baik. Kata Kunci : e-Learning, Pembelajaran, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:15
Last Modified: 06 Jul 2022 03:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23465

Actions (login required)

View Item View Item