PENINGKATAN SIKAP GOTONG ROYONG, INTEGRITAS DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE TREASURE HUNT DI SD NEGERI JLUMPANG

Roro Warih Dyah S., Roro Warih Dyah S. (2020) PENINGKATAN SIKAP GOTONG ROYONG, INTEGRITAS DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE TREASURE HUNT DI SD NEGERI JLUMPANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
34301400599_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus dan bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan sikap gotong royong, integritas dan prestasi belajar PKn melalui metode kooperatif learning tipe treasure hunt. Pendekatan peenelitian menggunakan Pendelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Jlumpang Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang dilakukan pembelajaran dengan menerapkan metode kooperatif learning tipe treasure hunt. Dengan menggunakan nilai daya pembeda instrumen penelitian sebesar 7,4 hasil pembelajaran menunjukkan bahwa siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan adalah sebanyak 21 siswa. Sehingga diketahui bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa adalah sebesar 75%, dimana lebih besar 14,29% apabila dibandingkan dengan tingkat ketuntasan belajar siswa pada pra siklus yang hanya sebesar 60,71%. Pada siklus II dilakukan pembelajaran dengan menerapkan metode kooperatif learning tipe treasure hunt. Dengan menggunakan nilai daya pembeda instrumen penelitian sebesar 15,16 hasil pembelajaran menunjukkan bahwa siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan adalah sebesar 85,57%. Hal ini lebih besar 24,86% apabila dibandingkan dengan tingkat ketuntasan belajar siswa pada siklus I yang hanya sebesar 60,71%. Berdasarkan hal tesebut maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif learning tipa treasure hunt dapat meningkatkan sikap gotong royong, integritas dan prestasi belajar PKn siswa. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Kooperatif Learning, Treasure Hunt.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:42
Last Modified: 06 Jul 2022 03:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23455

Actions (login required)

View Item View Item