ANALISA PENENTUAN HARGA JAL DALAM HUBUNGANNYA DENGAN KAPASITAS PRODUKSI NORMAL PADA PERUSAHAAN DAGANG PULUNG SARI UNGARAN

UMARDANI, SONI BUDHI (2001) ANALISA PENENTUAN HARGA JAL DALAM HUBUNGANNYA DENGAN KAPASITAS PRODUKSI NORMAL PADA PERUSAHAAN DAGANG PULUNG SARI UNGARAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04955367.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penentuan harga jual bagi perusahaan yang mempunyai tujuan utama untuk mencari keuntungan adalah sangat penting, karena perusahaan tidak mau mengalami kerugian. Salah satu faktor yang memiliki kepastian relatif tinggi yang berpengarul dalam penentuan harga jugal adalah biaya. Dengan demikian manajer sebagai penentu harga jual senantiasa memerlukan informasi biaya produk atau jasa. Kepastian produksi selama periode waktu tertentu dalam mengambil keputusan penentuan harga jual. Dalam penentuan harga jualnya seorang manajer harus mengetahui infonnasi biaya penuh produk atau jasa yang cermat, serta melihat kapasitas produksi normal perusahaan. Informasi dari seorang manajer akan mampu memahami atau paling tidak menduga yang dilakukan oleh perusahaan pesaing, berdasarkan hal tersebut. PD Pulung Sari juga mempunyai keyakinan tentang penentuan harga jual yang mana didasarkan pada kapasitas produksi perusahaan dan pada akhirnya akan menghasilkan laba yang diharapkan. Adapun permasalahan yang terdapat dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui berapa harga jual yang ditentukan oleh perusahaan dan perbeclaan laba antara kapasitas produksi normal dengan kapasitas sesungguhnya. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui penentuan harga jual dalam hubungannya dengan kapasitas produksi normal. Penelitian ini mengambil lokasi di PD Pulung Sari Ungaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data perhitungan harga jual untuk menentukan volume produk yang harus dijual, sample yang digunakan adalah biaya bahan baku biaya tenaga kerja langsung, biaya operhead pabrik variabel perusahaan selama tahun 1998 sampai dengan 2000. Adapun cara pengumpulan datanya menggunakan bentuk wawancara langsung dengan staf perusahaan, pengamatan dan studi kcpustakaan. Sedangkan metode analisa datanya menggunakan analisa kualitatif dan analisa kuantitatif dengan menggunakan direct costing / variabel costing, break even point, margin of safety, contribusi margin, kontribusi laba dan konsep learning curve. Setelah dianalisa menggunakan break event point, setiap tahunnya mengalami peningkatan baik harga maupun penjualannya. Tahun 1998 penjualan 25.333,3 unit dengan harga jual Rp 2.750,-. Tahun 1999 penjualan 27.500 unit dengan harga jual Rp 3.000,-. Tahun 2000 penjualan 29.166,6 dengan harga jual Rp 3.200,-. Sedangkan dengan learning curve dapat diketahui perbedaan antara kapasitas produksi normal dengan kapasitas sesungguhnya dengan y = C Xatau log y = S log x + log C, perbedaan terkecil terlihat pada tahun 2000 dengan perbedaan sebesar 1320,38.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:54
Last Modified: 30 Jun 2022 04:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23453

Actions (login required)

View Item View Item