Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Berdasar Prosedur Newman Ditinjau Dari Perspektif Gender

Ferdiyanto, Antok (2021) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Berdasar Prosedur Newman Ditinjau Dari Perspektif Gender. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (521kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (224kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (411kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (352kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (452kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
34201700007_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Newman, Trigonometri, Gender. Tujuan dalam penelitian ini adalah guna mengetahui persentase tingkat kesalahan siswa di tiap kriteria Newman ditinjau dari perspektif gender dan menemukan faktor-faktor yang menjadi penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku pada prosedur Newman ditinjau dari perspektif gender. Pentingnya analisis kesalahan agar siswa dapat mengerti letak kesalahannya dan diharapkan siswa lebih teliti dalam penyelesaian permasalahan matematis. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian dan wawancara serta lembar observasi guna memvalidasi hasil tes uraian ketika wawancara berlangsung. Instrumen tes uraian berupa soal nilai perbandingan sudut trigonometri pada segitiga siku-siku. Analisis jawaban soal tes menggunakan prosedur Newman dengan memperhatikan kelima langkahnya yang terdiri dari kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan prosedur, kesalahan penulisan jawaban. Wawancara dilakukan untuk mengetahui letak kesalahan dan apakah subjek melakukan kesalahan pada setiap langkah prosedur Newman. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan deskriptif-kualitatif Berdasarkan hasil analisis serta pembahasan, ditinjau berdasar prosedur Newman dan perspektif gender didapatkan kesimpulan bahwa dari 28 siswa kelas XI MIPA VI sebanyak 5 orang siswa laki-laki paling sering melakukan kesalahan pada kriteria kesalahan memahami, sedangkan sebanyak 5 orang siswa perempuan paling sering melakukan kesalahan pada kriteria kesalahan penulisan jawaban. Kesalahan laki-laki disebabkan karena terburu-buru dalam membaca soal sehingga ceroboh dalam pengerjaannya sedangkan kesalahan perempuan disebabkan kurang teliti yang menyebabkan penulisan hasil kurang kurang disederhanakan. Dengan berpedoman pada prosedur Newman yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan prosedur, dan kesalahan penulisan jawaban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:39
Last Modified: 28 Jun 2022 07:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23342

Actions (login required)

View Item View Item