HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Kurniadhi, Dimas Rachmad (2021) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (978kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (560kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (609kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
S1 Psikologi_30701501630_fullpdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 119 mahasiswa semester lima. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simpel random sampling . Skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala Dukungan Sosial dengan reliabilitas 0,788, skala Motivasi Belajar dengan reliabilitas 0,905. Teknik analisis yang digunakan dalam uji hipotesis menggunakan Product Moment. Hasil uji korelasi menunjukan hasil nilai korelasi antara variabel yang sebelumnya diuji sebesar rxy = 0,441 dengan taraf signifikan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Hasil menunjukan bahwa semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi pula motivasi belajar atau apabila semakin rendah dukungan sosial maka semakin rendah motivasi belajar. Hasil tersebut menandakan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. Sumbangan efektif yang didapat dari variabel persepsi terhadap lingkungan belajar terhadap motivasi belajar sebesar 19,4 %. Kata kunci: Dukungan Sosial, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:02
Last Modified: 23 Jun 2022 07:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23227

Actions (login required)

View Item View Item