PENENTUAN PRIORITAS PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN RAWAT INAP UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI), IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (PGCV) (STUDI KASUS PADA RSUD KAB. BUTON)

JUMARIAH, SITTI NUR (2021) PENENTUAN PRIORITAS PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN RAWAT INAP UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI), IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (PGCV) (STUDI KASUS PADA RSUD KAB. BUTON). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (361kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
S1 Teknik Industri_31601900103_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
S1 Teknik Industri_31601900103_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kab. Buton merupakan rumah sakit bertipe C dan satu-satunya rumah sakit yang ada di Kab. Buton. Rumah sakit ini menyediakan berbagai macam pelayanan dan fasilitas, tetapi belum cukup memberikan hasil karena dalam kurun waktu dua tahun terakhir jumlah pasien rawat inap menurun. Sebagian besar pasien lebih memilih berobat ke rumah sakit di daerah lain yang memiliki fasilitas dan sarana prasarana yang lebih lengkap. Ini menandakan bahwa mutu pelayanan rawat inap RSUD Kab. Buton belum sesuai harapan pasien. Dalam upaya memenuhi kepuasan pasien, perlu dilakukan analisis untuk mengetahui perbaikan apa yang sebaiknya dilakukan oleh pihak rumah sakit. Untuk itu dilakukan penelitian yang mengidentifikasi kepuasan pasien dengan cara mengukur tingkat kepuasan pasien secara keseluruhan dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui secara lebih terperinci atribut-atribut yang perlu untuk dilakukan perbaikan. Untuk melengkapi hasil analisa dari Importance Performance Analysis (IPA), digunakan sebuah metode untuk menentukan prioritas perbaikan yaitu melalui angka indeks Potential Gain in Customer Value (PGCV), sehingga nantinya dapat diketahui atribut yang berpotensi paling besar untuk diperbaiki terlebih dahulu guna memenuhi kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien merasa cukup puas atas kinerja pelayanan yang diberikan oleh RSUD Kab. Buton tetapi dirasakan masih belum maksimal secara keseluruhan, terlihat dari hasil pengujian tingkat kepuasan pasien dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) yaitu sebesar 65,12%, nilai tersebut berada pada rentang 51% – 65,99% yang berarti cukup puas. Pada pengujian dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dari 31 atribut pelayanan, terdapat 10 atribut yang masuk kuadran I yang artinya ada 10 atribut yang menjadi keluhan dan belum memuaskan pasien sehingga menjadi prioritas utama yang harus diperbaiki dan ditingkatkan kinerjanya. Setelah diperoleh 10 atribut yang masuk dalam kuadran I, kemudian dilakukan perhitungan indeks Potential Gain in Customer Value (PGCV), dimana atribut yang perlu untuk diperbaiki terlebih dahulu adalah atribut yang memiliki nilai indeks PGCV terbesar yaitu atribut nomor 5 kemudian atribut-atribut selanjutnya yang memiliki nilai indeks dibawah atribut utama. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Prioritas Perbaikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:05
Last Modified: 23 Jun 2022 07:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23216

Actions (login required)

View Item View Item