STRATEGI PEMELIHARAAN LOKOMOTIF DAN KERETA REL DIESEL (KRD) BERJANGKA DENGAN METODE MARKOV CHAIN UNTUK MEMINIMALKAN ANGGARAN MAINTENANCE (Studi Kasus Dipo Lokomotif Semarang Poncol)

KUSUMAWARDANA, FERDY (2021) STRATEGI PEMELIHARAAN LOKOMOTIF DAN KERETA REL DIESEL (KRD) BERJANGKA DENGAN METODE MARKOV CHAIN UNTUK MEMINIMALKAN ANGGARAN MAINTENANCE (Studi Kasus Dipo Lokomotif Semarang Poncol). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (518kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (640kB)
[img] Text
S1 Teknik Industri_31601700042_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
S1 Teknik Industri_31601700042_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)

Abstract

Dipo Lokomotif Semarang Poncol merupakan bengkel perawatan dan perbaikan skala kecil dan sedang lokomotif. Perawatan dan perbaikan di Dipo lokomotif ini memiliki sistem manajemen perawatan berupa pengecekan harian sebelum dan sesudah dinas (Daily Check) dan perawatan atau perbaikan bulanan (Monthly check).Pada proses perbaikannya lokomotif, perbaikan tersebut dilakukan di Dipo lokomotif Semarang poncol terdapat lokomotif tipe CC201, CC203 dan KRD (Kereta Rel Diesel) yang di lakukan maintenance secara berlaka sesuai jadwal. Permasalahan yang dihadapi oleh dipo lokomotif adalah belum sesuainya jadwal kegiatan Pemeliharaan lokomotif sehingga dalam proses penerapan di lokomotif untuk Pemeliharaan masih mengakibatkan tingginya anggaran Pemeliharaan yang dikeluarkan perusahaan. Dari hasil perhitungan Dari hasil perhitungan Kebijakan yang di diterapkan untuk Strategi perencanaan perawatan lokomotif dan Kereta Rel Diesel adalah Usulan I dengan penerapan Pemeliharaan korektif di Status 4 (kerusakan berat). Untuk masing-masing lokomotif seperti lokomotif CC201 anggaran Pemeliharaan sebesar Rp 21.162.537.821,574, lokomotif CC203 anggaran Pemeliharaan sebesar Rp 18.753.472.609,2 dan kereta rel diesel anggaran Pemeliharaan sebesar Rp 8.737.300.564. Penghematan yang dihasilkan setelah menghitung ekspektasi anggaran Pemeliharaan apabila dibandingkan dengan anggaran dipo lokomotif, Ekspektasi anggaran Pemeliharaan Usulan I sebesar Rp. 48.653.310.995 jika dibandingkan anggaran dana dari pabrik yaitu Rp. 281.557.638.194,66 maka penghematan anggarannya sebesar Rp. 232.904.327.201 (11%),Ekspektasi anggaran Pemeliharaan Usulan II sebesar Rp. 25.750.971.489 jika dibandingkan anggaran dana dari pabrik yaitu Rp. 281.557.638.194,66 maka penghematan anggarannya sebesar Rp. 255.750.971 (10,9%). Untuk kebijakan penjadwalan detail setiap bulannya ditetapkan bahwa dengan menerapkan Usulan I memberikan penjadwalan masing masing lokomotif dan Kereta Rel Diesel tiap bulannya sebagai berikut : untuk lokomotif CC201 per 1 bulannya akan kembali ke dipo untuk melakukan pemeliharaan korektif di hari ke 27,375 (setelah beroperasi sekitar 657 jam/ 59.130 Kilometer). Untuk lokomotif CC203 per 1 bulannya akan kembali ke dipo untuk melakukan pemeliharaan korektif di hari ke 12,1667 (setelah beroperasi sekitar 292,1 jam/26.289 Kilometer). Untuk Kereta Rel Diesel per 1 bulannya akan kembali ke dipo untuk melakukan pemeliharaan korektif di hari ke 21,2917 (setelah beroperasi sekitar 511 jam/ 45.990 Kilometer). Kata Kunci : Dipo Lokomotif Semarang Poncol, Perawatan Lokomotif, Markov Chain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:06
Last Modified: 23 Jun 2022 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23201

Actions (login required)

View Item View Item