ANALISIS HUMAN ERROR PADA PEMBUATAN GUARDRAIL PART BEAM BAGIAN POTONG COIL DI PT. TOSAN MASH MENGGUNAKAN METODE HUMAN ERROR ASSESMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART) DAN SYSTEMATIC HUMANiERROR REDUCTION AND PREDICTION (SHERPA)

MANTHOFANI, ITANG (2021) ANALISIS HUMAN ERROR PADA PEMBUATAN GUARDRAIL PART BEAM BAGIAN POTONG COIL DI PT. TOSAN MASH MENGGUNAKAN METODE HUMAN ERROR ASSESMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART) DAN SYSTEMATIC HUMANiERROR REDUCTION AND PREDICTION (SHERPA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (637kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (384kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (618kB)
[img] Text
S1 Teknik Industri_31601700001_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
S1 Teknik Industri_31601700001_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

PT. TOSAN MASH merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan jasa seperti pembuatan Guardrail. Dimana pada bagian produksi sangat berhubungan dengan mesin. Setelah dilakukan pengamatan pada produksi Guardrail Part Beam, bagian potong coil yang memiliki banyak error dan menjadi masalah utama barang cacat.karena dalam bagian potong coil terdapat kelalaian operator sehingga dapat menyebabkan potongan coil tidak sesuai ukuran yaitu 4,32 m ± 5 mm. diketahui bahwa coil panjang ukurannya 4,32 m ± 5 mm dan lebarnya 48 cm dengan ketebalan coil 1,7 mm serta berat 44 kg. untuk batas toleransi panjangnya ± 5 mm , jika kurang atau lebih 5mm maka akan mengalami kemiringan lubangnya dan langsung dianggap reject karena stopernya tidak pas pada proses bagian tekuk V. Hal itu tentunya sangat merugikan perusahaan mengingat perusahaan juga memiliki target produksi. Maka dengan hal tersebut dilakukanlah analisa human error kepada operator produksi beam bagian potong coil dengan menggunakan metode HEART dan SHERPA. Setelah dilakukan perhitungan berdasarkan analisa telah diketahui 4 Task dan 6 Sub Task kagiatan kritis. Dari 6 Sub Task kegiatan kritis terdapat satu kegiatan yang probabilitynya paling berpotensi menyebabkan produk cacat yaitu Sub Task 4.1 Menekan Tombol ON Mesin Roll serta Memastikan Lembaran Coil tepat pada Stopper yang memiliki nilai sebesar 1,6831 (High). Penyebab yang dapat terjadi karena operator lalai ketika memastikan ujung coil tepat pada stopper sehingga terjadi produk cacat karena alat yang tidak dapat diandalkan dan susah diguakan sehingga hasil pemotongan plat yang tidak sesuai ukuran. Setelah itu menentukan solusi perbaikan yang didapatkan dari hasil menggunakan metode SHERPA. Lalu hasil usulan perbaikan disampaikan kepada perusahaan melalui presentasi peneliti dan dilanjutkan penentuan ulang human error probability (HEP) setelah perbaikan dan didapatkan perbandingan HEP yang terdapat pada Tabel 4.12 Tabel Perbandingan Rekapitulasi Hasil HEP Sebelum dan Sesudah usulan design simulasi perbaikan. Setelah dilakukan perbandingan Human Error Probability (HEP) didapatkan hasil nilai HEP sebelum prbaikan terbesar pada kegiatan kritis yaitu Sub Task 4.1 Menekan Tombol ON Mesin Roll serta Memastikan Lembaran Coil tepat pada Stopper yaitu sebesar 1,6831 dan hasil nilai HEP sesudah usulan prbaikan yaitu sebesar 0,48552, maka dapat dilihat pada table perbandingan diatas bahwa nilai HEP sebelum dan sesudah simulasi perbaikan mengalami penurunan dari 1,6831 menjadi 0,48552 lalu dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian mampu mengurangi human error pada produksi beam bagian potong coil serta tentunya sebagai upaya mengurangi produk cacat (reject). Kata Kunci : PT TOSAN MASH, Human Error Probability Assesment and Reduction Technique (HEART), Human Error, Systematic Human Error Reduction and Prediction (SHERPA).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:07
Last Modified: 23 Jun 2022 07:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23189

Actions (login required)

View Item View Item