CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, GOOD CORPORATE GOVERNANCE PROPERTY : STRATEGI NON KEUANGAN UNTUK PENINGKATAN NILAI PERUSAHAAN

Anggraeni, Meilina Vivi (2014) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, GOOD CORPORATE GOVERNANCE PROPERTY : STRATEGI NON KEUANGAN UNTUK PENINGKATAN NILAI PERUSAHAAN. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, pelaksanaan good corporate governance dan kepemilikan intellectual property terhadap peningkatan nilai perusahaan pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian sebab akibat menggunakan teknik purposive sampling dengan 392 perusahaan sebagai populasi dan 63 perusahaan sebagai sampel. Kriteria yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian adalah bahwa perusahaan tersebut termasuk dalam kategori non keuangan terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012 dan mengikuti program penilaian PROPER (Program Peringkat Kinerja Perusahaan) yang dilaksanakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan berkelanjutan yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia dan dianalisis dengan model analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian secara simultan diperoleh bahwa pengungkapan corporate social responsibility, good corporate governance dan intellectual property berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan proksi Tobin’s Q. Sedangkan hasil penelitian secara parsial, menyatakan bahwa pengungkapan corporate social responsibility dan good corporate governance dengan indikator komposisi dewan komisaris independen berpengaruh terhadap peningkatan nilai perusahaan. Namun, intellectual property tidak terbukti dapat mempengaruhi peningkatan nilai perusahaan. Kata Kunci : corporate social responsibility, good corporate governance, intellectual property, nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2016 02:09
Last Modified: 07 Jan 2016 02:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2295

Actions (login required)

View Item View Item