PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM DA’WATUL HAQ BONANG

MUSYARIFAH, LAILATUL (2021) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM DA’WATUL HAQ BONANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (556kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
S1 Tarbiyah_31501700127_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru adalah kurikulum yang sesungguhnya, karena peran seorang gurulah yang sesungguhnya menjadi alat untuk tercapainya suatau tujuan pembelajaran. Pentingnya Al-Qur’an bagi kehidupan umat Islam terlebih lagi bagi mereka yang khususnya di usia belajar/ sekolah keseriusan dan pembiasaan dalam belajar membaca Al-Qur’an perlu dipertahankan bahkan harus ditambah, karena keengganannya untuk belajar membaca membuat peserta didik memiliki kemampuan membaca kurang baik. Sebab membaca adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan tindakan yang jelas dan nyata maka seorang guru menjadi wajib untuk memberikan perannya sebagai teladan yang baik dalam melakukan hal ini. Peneliti dalam melakukan penelitiannya ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam mengumupulkan data dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru PAI, mendeskripsikan kesulitan-kesulitan membaca Al-Qur’an dan mendeskripsikan peran-peran yang diberikan kepada peserta didik dalam mengatasi kesilitan membaca Al-Qur’an sesuai hukum tajwid dan makhrojul huruf yang tepat Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam memberikan perannya sebagai pengelola kelas dan sebagai evaluator dalam mengatasi kesuliatan membaca Al-Qur’an pada peserta didik dapat dikatakan baik karena guru dapat mengkondusifkan lingkungan pembelajaran dan membuat pembuat pembelajaran aktig dengan menggunakan beberapa metode dan melakukan evaluasi memberikan tes lisan untuk mengetahui perkembangan penguasaan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an. Kata kunci: pendidikan Agama Islam (PAI), Kesulitan membaca al Quran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:14
Last Modified: 20 Jun 2022 07:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22941

Actions (login required)

View Item View Item