STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS KEPADA PESERTA DIDIK DI MA AN-NIDHAM DESA KALISARI KEC. SAYUNG

Ulliyah, Ana Muslikhatul (2021) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS KEPADA PESERTA DIDIK DI MA AN-NIDHAM DESA KALISARI KEC. SAYUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (953kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
S1 Tarbiyah_31501700031_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

strategi tertentu untuk mengembangkan motivasi pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan kerjanya. MA An-Nidham juga memiliki usaha dalam membentuk dan mengembangkan budaya religius yang merupakan salah satu usaha yang dilakukan kepala sekolah melalui strategi yang dimiliki. Hal ini menjadikan landasan peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul ”Strategi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Religius Kepada Peserta Didik Di Ma An-Nidham Kalisari Kec. Sayung”. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu, (1), untuk mengetahui bagaimana wujud budaya religius di MA An-Nidham desa Kalisari kec. Sayung. (2) untuk mengetahui bagaimana strategi kepala madrasah dalam mengembangkan budaya religius terhadap peserta didik di MA An-Nidham desa Kalisari kec. Sayung. (3) untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi pengembangan budaya religius terhadap peserta didik di MA An-Nidham desa Kalisari kec. Sayung. Peneliti menggunakan penelitian kualitaif bersifat deskripstif dan pendekatan penelitian lapangan. Hasil penelitian adalah pertama, wujud budaya religius seperti, membaca doa sebelum pembelajaran, sholat dhuha, sholat dhuhur berjama’ah, Istghosah, KAP, PHBI, dan budaya 5S. Kedua, strategi kepala madrasah yang meliputi keteladanan, pembiasaan, kemitraan, dan internalisasis nilai-nilai Islam. Ketiga, faktor pendukung proses pengembangan budaya religius adalah adanya dukungan dari warga madrasah, masyarakat dan orang tua peserta didik, keaktifan peserta didik yang berpengaruh besar dalam berjalannya kegiata.. Terjalinnya kerjasama antara pihak maddrasah dengan masyarakat sekitar, orang tua, peserta didik, dan lembaga kepolisian yang terkait. Adanya dana pelaksanaan kegiatan, kondisi dan situasi lingkungan madrasah yang berbasis islami seperti di pondok pesantren, dan berkembangnya teknologi dengan pesat yang mampu mempublikasikan segala informasi dan kegiatan-kegiatan di media sosial. Sedangkan faktor penghambat dalam proses pengembangan budaya religius yaitu masih kurangnya tingkat kesadaran beberapa peserta didik dan kurangnya fasilitas untuk memotivasi peserta didik lewat slogan-slogan yang berisi motivasi dikarenakan kondisi bangunan masih dalam tahap renovasi. Kata kunci : kepala madrasah, budaya religius, strategi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jun 2022 08:13
Last Modified: 08 Jun 2022 08:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22831

Actions (login required)

View Item View Item