PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN TARTIL BAGI PESERTA DIDIK DI SD ISLAM HASANUDIN 4 TERBOYO WETAN SEMARANG

Albab, Muhammad Ulil (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN TARTIL BAGI PESERTA DIDIK DI SD ISLAM HASANUDIN 4 TERBOYO WETAN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (637kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (525kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (883kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
S1 Tarbiyah_31501700002_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al – Qur’an bagi peserta didik di SD Islam Hasanudin 4 Terboyo Wetan Semarang, dalam meningkatkan kemampuan membaca Al – Qur’an dan mengetahui seberapa besar peran guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al – Qur’an bagi peseerta didik di SD Islam Hasanudin 4 Terboyo Wetan Semarang. Dengan rumusan masalah bagaimana kemampuan peserta didik dalam membac Al – Qur’an dan bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al – Qur’an bagi peserta didik di SD Islam Hasanudin 4 Terboyo Wetan Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang berupaya mengumpulkan data, informasi dan keterangan yang diperoleh dari lapangan dengan mengamati obyek yang berkaitan dengan ruang, tempat, pelaku, tujuan dan kegiatan. Sumber data yang diperoleh oleh penulis berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder yang meliputi sejarah berdirinya SD Islam Hasanudin 4 Terboyo Wetan Semarang, letak geografis SD Islam Hasanudin 4 Terboyo Wetan Semarang, visi misi SD Islam Hasanudin 4 Terboyo Wetan Semarang, data guru dan karyawan SD Islam Hasanudin 4 Terboyo Wetan Semarang, data peserta didik SD Islam Hasanudin 4 Terboyo Wetan Semarang serta keadaan sarana dan prasarana SD Islam Hasanudin 4 Terboyo Wetan Semarang Data yang sudah diperoleh dan dianalis dapat disimpulkan bahwa peran guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al – Qur’an bagi peserta didik di SD Islam Hasanudin 4 Terboyo Wetan Semarang sudah memiliki peran yang baik untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam membaca Al – Qur’an dengan memberikan jam tambahan diluar jam sekolah bagi peserta didik yang belum bisa membaca al – qur’an. Namun demikian, masih terdapat beberapa faktor yang menghambat peran dari guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al – Qur’an bagi peserta didik, seperti, kurangnya wali murid dalam memperhatikan anaknya khususnya dalam hal belajar agama dan hambatan yang lain sarana prasarana yang menunjang belum sepenuhnya terpenuhi dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca Al Quran pada peserta didik SD Islam Hasanudin 4 Terboyo Wetan Semarang. Kata Kunci: peran guru, membaca al – qur’an, kemampuan, proses layanan, profesionalitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2022 05:52
Last Modified: 07 Jun 2022 05:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22801

Actions (login required)

View Item View Item