UPAYA PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI DIREKTORAT RESERSE NARKOBA KEPOLISIAN DAERAH JAWA TENGAH (POLDA JATENG)

Bayu Adji, Ramadhan (2021) UPAYA PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI DIREKTORAT RESERSE NARKOBA KEPOLISIAN DAERAH JAWA TENGAH (POLDA JATENG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (731kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
S1 Ilmu Hukum_30301700276_fulldoc.pdf

Download (2MB)

Abstract

Narkotika sudah menjadi masalah serius bagi bangsa ini dikarenakan barang haram ini sudah merambah sampai ke golongan anak, dimana anak adalah generasi penerus bangsa ini. Maka dari itu penegak hukum khususnya kepolisian harus menanggulangi penyalahgunaan narkotika yang digunakan oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya penanggulangan tindak Pidana yang dilakukan oleh Kepolisian Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh anak dibawah umur serta untuk mengetahui hambatan yang dialami Kepolisian Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng dalam melakukan upaya penanggulangan hukum tindak pidana penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh anak dibawah umur dan solusinya. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis.Sumber data diperoleh dari beberapa tahapan yaitu melalui penelitian lapangan (wawancara) dan penelitian pustaka. analisis data dengan cara sistematis melipui reduksi data, penyajian Data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari penulisan ini menunjukkan bahwa : Upaya penanggulangan yang dilakukan oleh Kepolisian Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah terhadap penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh anak dibawah umur yaitu dengan melakukan upaya pencegahan terlebih dahulu, dalam upaya pencegahan pihak Kepolisian Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah melakukan Upaya Pre-emptif dan Upaya Preventif. Jika kedua upaya tersebut tidak berhasil maka Kepolisian Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng, melakukan upaya selanjutnya yaitu upaya upaya represif. Meski demikian, keberhasilan Kepolisian Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng dalam menanggulangi tindak pidana Narkoba bukan saja ditentukan oleh upaya-upaya penegakan hukum saja, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh sejauh mana kemampuan Kepolisian Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng dalam mengajak kerjasama masyarakat, baik dari segi kehidupan bermasyarakat maupun bernegara. Hambatan yang dialami Kepolisian Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng dalam melakukan penanggulangan tindak pidana penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh anak dibawah umur dan solusinya, terdapat 2 faktor yaitu: Faktor internal atau faktor dari dalam Kepolisian Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah dan juga Faktor eksternal atau faktor dari luar Kepolisian Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah. hambatan yang terjadi diatas terhapuskan oleh faktor pendukung yang dimiliki para anggota Kepolisian Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah yaitu berkat dukungan atasan yang memberikan motivasi dan dukungan kepada anak buahnya dalam menjalankan tugas. Kata Kunci: Anak, Narkoba, Penanggulangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:36
Last Modified: 07 Jun 2022 06:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22751

Actions (login required)

View Item View Item