PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN SANKSI PIDANA BAGI PELAKU TINDAK PIDANA PEDOFILIA (Studi Kasus Putusan Nomor : 76 / Pid.Sus / 2021 / PN.Pkl)

Oktaviani, Pipit (2021) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN SANKSI PIDANA BAGI PELAKU TINDAK PIDANA PEDOFILIA (Studi Kasus Putusan Nomor : 76 / Pid.Sus / 2021 / PN.Pkl). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (915kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (574kB)
[img] Text
S1 Ilmu Hukum_30301700267_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kejahatan seksual yang terjadi terhadap anak yaitu pedofilia yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Pedofilia merupakan suatu kejahatan seksual yang dilakukan oleh orang dewasa terhadap anak-anak dibawah umur baik terhadap laki-laki maupun perempuan untuk menjadi pasangan orang dewasa setelah melalui bujukan halus. Permasalahan yang ada dalam skripsi ini bagaimana proses penyelesaian perkara tindak pidana kejahatan pedofilia di Pengadilan Negeri Pekalongan (Studi Kasus Putusan Nomor : 76 / Pid.Sus / 2021 / PN.Pkl), bagaimana bentuk perlindungan terhadap korban tindak pidana pedofilia, dan bagaimana dasar pertimbangan hakim di Pengadilan Negeri Pekalongan (Studi Kasus Putusan Nomor : 76 / Pid.Sus / 2021 / PN.Pkl). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses penyelesaian perkara, bentuk perlindungan korban, dan dasar pertimbangan hakim di Pengadilan Negeri Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis karena data didapatkan Penulis tidak hanya dari buku dan perundang-undangan tetapi dari hasil wawancara dengan majelis hakim secara langsung. Jenis data penelitian ini data primer dan data sekunder. Data sekunder berasal dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier, teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan, dokumentasi, dan wawancara. Analisis kualitatif pengolahan dan penyusunan data kemudian ditarik kesimpulan. Hasil Penelitian yang diperoleh Penulis pada Putusan Nomor : 76 / Pid.Sus / 2021 / PN Pekalongan hakim menjatuhkan hukuman pidana penjara terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 18 (delapan belas) tahun dan denda sebesar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar akan diganti dengan pidana kurungan selama 2 (dua) bulan. Dalam mengadili putusan tersebut hakim mempertimbangan hal-hal yang memberatkan dan meringankan si terdakwa. Hal-hal yang memberatkan ialah perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat; perbuatan terdakwa dilakukan terhadap anak tirinya yang seharusnya dilindungi dan dijaga; perbuatan terdakwa mengakibatkan korban kehilangan masa depannya; perbuatan terdakwa mencoreng aib terhadap anak korban dan keluarganya; keluarga anak korban tidak bisa menerima/memaafkan perbuatan terdakwa. Adapun hal yang meringankan terdakwa ialah jujur dalam proses persidangan; serta terdakwa belum pernah dihukum. Kata Kunci: Pertimbangan hakim, Pedofilia, Sanksi pidana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:35
Last Modified: 07 Jun 2022 06:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22748

Actions (login required)

View Item View Item