PENYELESAIAN SENGKETA TANAH TERKAIT KEPEMILIKAN HAK ATAS TANAH DI PANGKALAN BUN (STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI PANGKALAN BUN NO.38/PDT.G/2020/PN PBU)

Ade Septianur, Muhammad (2021) PENYELESAIAN SENGKETA TANAH TERKAIT KEPEMILIKAN HAK ATAS TANAH DI PANGKALAN BUN (STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI PANGKALAN BUN NO.38/PDT.G/2020/PN PBU). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (698kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (557kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (723kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (794kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (541kB)
[img] Text
S1 Ilmu Hukum_30301700218_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Banyak sekali persoalan yang ada dilingkungan sekitar, khususnya lebih banyak terdapat permasalahan tanah tentang adanya sengketa hukum perdata terkait kepemilikan atas sebidang tanah yang dimana masalah ini selalu berulang kali ditemukan di Indonesia. Kasus perkara yang sering dijumpai di Indonesia khususnya di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah yakni Perdata terkait peralihan hak atas sebidang tanah. Tentu saja permasalah ini perlu penanganan yang lebih serius agar dapat menemukan sebuah solusi, maka dari itu peneliti meneliti Penelitian ini, yang berjudul Penyelesaian Sengketa Tanah Terkait Kepemilikan Hak Atas Tanah di Pangkalan Bun (Studi Kasus No.38/Pdt.G/2020/PN Pbu) berjutuan untuk mengetahui penyebab terjadinya sengketa antara pembeli dengan penjual atas sebidang tanah dan mengetahui dasar-dasar pertimbangan Hakim Pengadilan Negeri Pangkalan Bun dalam penyelesaian sengketa perkara Perdata yang dilakukan oleh kedua belah pihak tersebut. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya sengketa terkait kepemilikan hak atas tanah di Pangkalan Bun sebagaimana dalam putusan No.38/Pdt.G/2020/PN Pbu dan untuk mengetahui penyelesaian sengketa terkait kepemilikan hak atas tanah di Pangkalan Bun sebagaimana perkara No.38/Pdt.G/2020/PN Pbu. Penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis, penelitian yang digunakan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer di peroleh dengan cara wawancara dengan pihak yang berhubungan serta data sekunder diperoleh dengan melakukan penelitian kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disumpulkan bahwa fakor-faktor penyebab seketa terkait penyebab terjadinya sengketa terkait hak milik atas sebidang tanah sebagaimana dalam perkara Nomor 38/Pdt.G/2020/PN Pbu. Yaitu karena telah terjadinya permasalahan yang dialami oleh Penggugat dalam proses peralihan hak atas sebidang tanah yang telah di belinya kepada Tergugat. Dasar- dasar pertimbangan hakim dalam memutuskan suatu perkara terkait penyelesaian sengketa terkait peralihan hak milik atas tanah di Pangkalan Bun Nomor 38/Pdt.G/2020/PN Pbu, yaitu berdasarkan unsur-unsur dalam Pasal 1338 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, karena kedua belah pihak telah melakukan persetujuan yang dimana telah adanya kesepakatan antara kedua belah pihak. Dalam putusan Nomor 38/Pdt.G/2020/PN Pbu, dari pengambilan putusan yang telah diambil oleh Majelis Hakim terkait, jelas bahwa dipertimbangankan berdasarkan unsur-unsur Hukum KUHPerdata yang berkaitan jelas dengan perkara “penyelesaian sengketa tanah terkait kepemilikan hak atas tanah”, tersebut. Kata Kunci: Kepastian, hukum, tanah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:40
Last Modified: 07 Jun 2022 06:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22737

Actions (login required)

View Item View Item