Hidayah, Kharisma (2021) TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL-BELI SECARA ONLINE (E-COMMERCE). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (467kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
|
Text
PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (246kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (473kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
|
Text
S1 Ilmu Hukum_30301700179_fullpdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pemanfaatan e-commerce dalam dunia perdagangan sangat membawa dampak pada masyarakat Indonesia hal ini terkait masalah hukum yang sangat penting. Pentingnya permasalahan hukum di bidang E-commerce adalah terutama dalam memberikan perlindungan hukum terhadap pihak konsumen yang melakukan transaksi jual beli melalui Internet. Perkembangan ini muncul karena adanya penawaran dan penerimaan dari masyarakat, Dibuktikan dengan munculnya berbagai macam toko daring seperti Kaskus, Tokopedia, Bukalapak, Shopee hingga Lazada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi jual beli secara online (e-commerce) serta Untuk mengetahui dan menganalisis upaya hukum yang dapat ditempuh oleh konsumen jika terjadi wanprestasi dalam transaksi jual beli secara online (e-commerce) Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif. Spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder, yang terdiri dari hukum primer, sekunder dan tersier. Alat pengumpulan data yaitu penelitian kepustakaan. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan ini adalah perlindungan hukum terhadap pengguna e-commerce dengan menegakkan hak-hak konsumen sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen pasal 19, 20, 21, 24, dan 26 dan regulasi terkait dengan penyelenggaraan jual beli online (e-commerce) serta pelaksanaan perlindungan konsumen juga didukung dengan melibatkan beberapa pihak seperti pemerintah, badan perlindungan konsumen nasional dan Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat. Upaya hukum yang dapat ditempuh dalam penyelesaian sengketa wanprestasi dalam Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen yaitu litigasi dan non litigas. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Konsumen, E-Commerce
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 06:54 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 06:54 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22721 |
Actions (login required)
View Item |