TINJAUAN YURIDIS TINDAK PIDANA PENIPUAN DENGAN MENGGUNAKAN CEK KOSONG (Studi Kasus Putusan Nomor 224/Pid.B/2020/PN Demak)

BAHARI, ISMANA (2021) TINJAUAN YURIDIS TINDAK PIDANA PENIPUAN DENGAN MENGGUNAKAN CEK KOSONG (Studi Kasus Putusan Nomor 224/Pid.B/2020/PN Demak). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (611kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text
S1 Ilmu Hukum_30301700169_fulldoc.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sejalan dengan dinamisme kehidupan manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang semakin komplek menimbulkan kejahatan modus baru penipuan dengan menggunakan cek kosong. Pembahasan penulisan meliputi dasar hokum Pengadilan Negeri Demak dan pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan pidana kepada pelaku tindak pidana penipuan dengan menggunakan cek kosong ini menjadi menarik dalam penelitian dengan judul “Tinjauan Yuridis Tindak Pidana Penipuan Dengan Menggunakan Cek Kosong (Studi Kasus Putusan Nomor 224/Pid.B/2020/PN Demak)”, tujuan penelitian mengetahui dasar hukum Pengadilan Negeri Demak dan pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan pidana kepada pelaku tindak pidana penipuan tindak pidana penipuan dengan menggunakan cek kosong. Dalam penelitian ini menggunakan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. dimaksudkan untuk memberikan data yang seteliti mungkin tentang manusia, keadaan atau gejala-gejala tertentu. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis sosiologis. Pendekatan yuridis sosiologis adalah Mengidentifikasi dan mengkonsepsikan hukum sebagai institusi sosial yang riil dan fungsional dalam sistem kehidupan yang nyata. Analisis data menggunakan metode yuridis kualitatif, yaitu seluruh data yang diperoleh di inventarisasi, dikaji dan diteliti secara menyeluruh, sistematika dan terintegrasi mencapai kejelasan masalah yang akan dibahas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dasar hukum Pengadilan Negeri Demak dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana penipuan dengan menggunakan cek kosong dalam Perkara Nomor 224/Pid.B/2020/PN Demak adalah terpenuhinya unsur dalam ketentuan Pasal 378 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHP yaitu penipuan yang dilakukan secara bersama-sama sebagai perbuatan yang dilanjutkan, selanjutnya Majelis Hakim memperoleh bukti dan keyakinan bahwa semua unsur-unsur dari dakwaan alternatif kesatu Pasal 378 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHP telah terbukti dan terpenuhi, maka Terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah, tidak adanya kendala dalam perkara ini karena alat bukti yang didapat selama proses pemeriksaan sudah jelas, seperti transferan yang telah diakui oleh Terdakwa sehingga dapat mempercepat jalannya persidangan. Pemerintah harus meningkatkan upaya penegakan hukum terhadap pelaku penipuan dengan menggunakan cek kosong dan perlu adanya lembaga/pengawas dalam pengerjaan proyek dibawah pemerintah maupun swasta. Kata Kunci : Cek Kosong, Penipuan,Tindak Pidana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:50
Last Modified: 07 Jun 2022 06:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22718

Actions (login required)

View Item View Item